HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU DENGAN STATUS GIZI BALITA DI GAMPONG PANTE GAJAH KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU DENGAN STATUS GIZI BALITA DI GAMPONG PANTE GAJAH KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN


Pengarang

HERLINA DEWI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1712101010104

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Prevalensi balita dengan stunting di Aceh menempati urutan ke 3 dari 34 provinsi di Indonesia. Stunting diakibatkan oleh permasalahan status gizi balita yang berdampak negatif terhadap pertumbuhan, energi, kekebalan tubuh, struktur dan fungsi otak serta tingkah laku. Salah satu penyebab masalah status gizi pada balita adalah kurangnya pengetahuan gizi ibu dalam menyediakan makanan dengan nilai gizi tinggi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan ibu dengan status gizi balita di Gampong Pante Gajah Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. Jenis penelitian adalah deskriptif korelatif dengan desain cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh balita di Gampong Pante Gajah Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen yaitu berjumlah 73 orang. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan self-report dan pengukuran status gizi dengan menggunakan buku registrasi posyandu. Hasil uji Pearson Chi-Square menunjukkan bahwa ada hubungan pengetahuan ibu dengan status gizi (p-value=0,001) pada balita di Gampong Pante Gajah Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. Direkomendasikan untuk penyedia layanan kesehatan agar dapat melakukan promosi kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan ibu dalam status gizi balita dan melakukan pemantauan status gizi balita dengan lebih baik untuk mengurangi risiko balita stunting.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK