//

CAMPUR KODE BAHASA INGGRIS DALAM TUTURAN BAHASA INDONESIA PENYIAR SIARAN RADIO OZ ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fitria Winanda - Personal Name
SubjectBROADCASTING STATIONS-RADIO
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian yang berjudul “Campur Kode Bahasa Inggris dalam Tuturan Bahasa Indonesia Penyiar Siaran Radio OZ Aceh” ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kosakata bidang yang terjadi campur kode bahasa Inggris dalam tuturan bahasa Indonesia penyiar siaran radio OZ Aceh, (2) bentuk campur kode bahasa Inggris yang terjadi dalam tuturan bahasa Indonesia penyiar siaran radio OZ Aceh, dan (3) faktor-faktor penyebab terjadinya campur kode bahasa Inggris dalam tuturan bahasa Indonesia penyiar siaran radio OZ Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif jenis penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini berupa tuturan penyiar dalam siaran radio OZ Aceh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik rekam dan teknik catat. Analisis data dilakukan dengan: (1) mengidentifikasi data yang telah dikumpulkan, (2) mengelompokkan data, (3) mendeskripsikan data, dan (4) menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kosakata bidang yang terjadi campur kode bahasa Inggris dalam tuturan bahasa Indonesia penyiar siaran radio OZ Aceh meliputi kosakata bidang musik, pemasaran, ekonomi, pendidikan, mode, otomotif, teknologi, komunikasi, kuliner, kesehatan, pariwisata, politik, seni dan perencanaan pekerjaan, (2) bentuk campur kode bahasa Inggris yang terjadi dalam tuturan bahasa Indonesia penyiar siaran radio OZ Aceh yaitu bentuk kata benda (nomina), kata kerja (verba), kata sifat (adjektiva), kata hubung (konjungsi), frasa, baster, pengulangan kata, dan idiom, (3) faktor-faktor penyebab terjadinya campur kode bahasa Inggris dalam tuturan bahasa Indonesia penyiar siaran radio OZ Aceh adalah faktor kebiasaan, faktor kepraktisan, faktor gengsi, dan faktor kebahasaan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS CAMPUR KODE DAN ALIH KODE PADA SIARAN RADIO REPUBLIK INDONESIA BANDA ACEH (AUFA LIDDINI, 2020)

CAMPUR KODE DAN ALIH KODE DALAM IKLAN BERBAHASA ACEH PADA SIARAN RADIO DI BANDA ACEH (Asmaita, 2013)

ANALISIS CAMPUR KODE PADA DIALOG ANTARTOKOH DALAM FILM “TJOET NJA’ DHIEN” (Fuji Anjalia, 2019)

CAMPUR KODE DAN ALIH KODE DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR GURU KELAS IV MIN LAMJAMPOK KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATENACEH BESAR (Rahmad Munawar, 2016)

CAMPUR KODE DALAM TUTURAN MAHASISWA GAYO DI BANDA ACEH (IDA GUSTINA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy