HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN KEMAMPUAN MENJAWAB SOAL-SOAL BANGUN DATAR DI KELAS IV SDN LAMPEUNEURUT ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN KEMAMPUAN MENJAWAB SOAL-SOAL BANGUN DATAR DI KELAS IV SDN LAMPEUNEURUT ACEH BESAR


Pengarang

Safrizal Barus - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1706104040003

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Barus, Safrizal. 2021. Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Kemampuan menjawab
Soal-soal bangun Datar Di Kelas IV SDN Lampeuneurut Aceh Besar. Skripsi,
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
Pembimbing:
(1) Dra. Monawati, M.Pd


(2) Dra. Nurhaidah, M.Pd
Kata Kunci: kebiasaan belajar, kemampuan menjawab soal-soal bangun datar.
Kebiasaan belajar sangat penting dalam penentuan kemampuan peserta didik
juga merupakan salah satu faktor dalam keberhasilan belajar. Adapun yang menjadi
rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah terdapat hubungan yang
signifikan antara kebiasaan belajar peserta didik dengan kemampuan menjawab soalsoal

bangun datar di kelas IV SDN Lampeuneurut Aceh Besar?”. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar peserta didik dengan
kemempuan menjawab soal-soal bangun datar di kelas IV SDN Lampeuneurut Aceh
Besar.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui korelasional,
dengan pendekatan kuantitatif, sampel seluruh peserta didik kelas IVA yang
berjumlah 32 siswa, pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.
Untuk mengolah data menggunakan analisis Product Momen. Hasil analisis
menunjukkan nilai rxy = 0,65 berarti r > 0 maka hubungan linea
r bersifat positif. Dilihat dari tabel interpretasi korelasi nilai r berada pada rentang
0,600 – 0,799 yang berarti memiliki tingkat hubungan yang kuat. Besarnya kontibusi
variabel X (kebiasaan belajar) dan variabel Y (kemampuan menjawab soal-soal
bangun datar) dengan KP = 42,25% daftar distribusi t didapat thitung > ttabel yaitu 4,68
> 1,697 sehingga hipotesis (Ho) ditolak dan (Ha) diterima.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan
yang signifikan antara kebiasaan belajar peserta didik dengan kemampuan menjawab
soal-soal bangun datar. Saran dari penelitian ini adalah diharapkan kepada guru dan
orang tua dapat menghimbau dan membimbing peserta didik dengan sunguhsungguh
agar
memiliki
kebiasaan
belajar
yang
baik
dan
dapat
meningkatkan
prestasi.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK