Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN KEMAMPUAN MENJAWAB SOAL-SOAL BANGUN DATAR DI KELAS IV SDN LAMPEUNEURUT ACEH BESAR
Pengarang
Safrizal Barus - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1706104040003
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Barus, Safrizal. 2021. Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Kemampuan menjawab
Soal-soal bangun Datar Di Kelas IV SDN Lampeuneurut Aceh Besar. Skripsi,
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
Pembimbing:
(1) Dra. Monawati, M.Pd
(2) Dra. Nurhaidah, M.Pd
Kata Kunci: kebiasaan belajar, kemampuan menjawab soal-soal bangun datar.
Kebiasaan belajar sangat penting dalam penentuan kemampuan peserta didik
juga merupakan salah satu faktor dalam keberhasilan belajar. Adapun yang menjadi
rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah terdapat hubungan yang
signifikan antara kebiasaan belajar peserta didik dengan kemampuan menjawab soalsoal
bangun datar di kelas IV SDN Lampeuneurut Aceh Besar?”. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar peserta didik dengan
kemempuan menjawab soal-soal bangun datar di kelas IV SDN Lampeuneurut Aceh
Besar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui korelasional,
dengan pendekatan kuantitatif, sampel seluruh peserta didik kelas IVA yang
berjumlah 32 siswa, pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.
Untuk mengolah data menggunakan analisis Product Momen. Hasil analisis
menunjukkan nilai rxy = 0,65 berarti r > 0 maka hubungan linea
r bersifat positif. Dilihat dari tabel interpretasi korelasi nilai r berada pada rentang
0,600 – 0,799 yang berarti memiliki tingkat hubungan yang kuat. Besarnya kontibusi
variabel X (kebiasaan belajar) dan variabel Y (kemampuan menjawab soal-soal
bangun datar) dengan KP = 42,25% daftar distribusi t didapat thitung > ttabel yaitu 4,68
> 1,697 sehingga hipotesis (Ho) ditolak dan (Ha) diterima.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan
yang signifikan antara kebiasaan belajar peserta didik dengan kemampuan menjawab
soal-soal bangun datar. Saran dari penelitian ini adalah diharapkan kepada guru dan
orang tua dapat menghimbau dan membimbing peserta didik dengan sunguhsungguh
agar
memiliki
kebiasaan
belajar
yang
baik
dan
dapat
meningkatkan
prestasi.
Tidak Tersedia Deskripsi
HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATEMATIKA DI SEMESTER I KELAS V SD NEGERI 22 BANDA ACEH (WISRI AISA, 2019)
PENERAPAN MEDIA PERSEGI SATUAN DALAM PEMBELAJARAN LUAS BANGUN DATAR DI KELAS IV SD NEGERI 47 BANDA ACEH (Fahmi, 2018)
PENGARUH ALAT PERAGA TANGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DI KELAS IV SD NEGERI LAYUNG BEURAWANG BUBON ACEH BARAT (HANISAH, 2019)
IMPLEMENTASI MODEL SNOWBALL THROWING TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DI KELAS IV SDN GUE GAJAH KAB. ACEH BESAR (NURUL RAHMI, 2020)
PENERAPAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG MELALUI MEDIA MICROSOFT POWER POINT PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS III SD NEGERI LAMPEUNEURUT (oza maulia, 2015)