PENERAPAN TEKNIK PID UNTUK PENGENDALIAN KELEMBAPAN DAN TEMPERATUR PADA KUMBUNG JAMUR TIRAM BERBASIS MIKROKONTROLER | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENERAPAN TEKNIK PID UNTUK PENGENDALIAN KELEMBAPAN DAN TEMPERATUR PADA KUMBUNG JAMUR TIRAM BERBASIS MIKROKONTROLER


Pengarang

SINTIA FADILA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1704105010002

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Elektro (S1) / PDDIKTI : 20201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Dalam proses budidaya jamur tiram dibutuhkan kumbung yang mempunyai temperatur dan tingkat kelembapan yang stabil yaitu berkisar 26–28?C dan kelembapan 80–90%. Pada penelitian ini fokus terhadap pengendalian kelembapan dan temperatur yang terdapat pada prototipe kumbung jamur tiram dengan metode PID menggunakan karakteristik respon sistem dengan aturan Ziegler Nichols untuk mendapatkan model matematis serta konstanta dari PID. Konstanta PID yang didapatkan dari hasil tuning Ziegler Nichols berfungsi memperoleh respon sistem terbaik untuk aktuator kipas dan mist maker. Perancangan hardware pada prototipe kumbung jamur tiram ini memanfaatkan Arduino Uno sebagai pusat kontrolernya, dengan dua aktuator berupa kipas dan mist maker serta menggunakan sensor DHT22 yang berguna sebagai pembaca kondisi suhu dan kelembapan di dalam kumbung jamur. Perancangan serta pembuatan sistem pengendalian temperatur dan kelembapan di dalam kumbung jamur tiram berhasil dilakukan dengan menggunakan tuning Ziegler Nichols metode kurva reaksi, diperoleh nilai KP = 97,8, Ki = 12,225, dan Kd = 195,6. Dengan menerapkan parameter PID hasil tuning pada mikrokontroller Arduino Uno maka sistem dapat mencapai setpoint kelembapan yaitu 90% dan mempertahankan temperatur pada suhu 27,7?C dengan rise time 254 detik, overshoot 0,1%, dan tidak mempunyai steady state error sehingga sistem dapat bekerja dengan baik.

Kata kunci: pengendali PID, tuning Ziegler Nichols, kendali temperatur dan kelembapan, kumbung jamur tiram.
?

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK