ANALISIS MIGRASI KE KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS MIGRASI KE KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Muhammad Wali - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1001101010004

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Pembangunan (S1) / PDDIKTI : 60201

Subject
Kata Kunci
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Ekonomi Univeristas Syiah Kuala., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

304.8

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Nama : Muhammad Wali
NIM : 1001101010004
Fakultas/Jurusan : Ekonomi/Ekonomi Pembangunan
Judul : Analisis Migrasi Ke Kota Banda Aceh
Konsentrasi : Ekonomi Regional
Dosen Pembimbing : Ikhsan, S.E., M.A.


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan masyarakat melakukan migrasi ke Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Populasi penelitian ini merupakan penduduk migran masuk Kota Banda Aceh yang sudah menetap enam bulan dan tidak lebih dari lima tahun. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer. Data primer dikumpulkan dengan menggunakan kuisoner sebanyak 60 responden yang didistribusikan di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Baiturrahman, Kuta Alam dan Syiah Kuala. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa keputusan masyarakat melakukan migrasi ke Kota Banda Aceh dipengaruhi oleh faktor usia, pendidikan, pendapatan, status pernikahan dan kepemilikan lahan di daerah asal. Alasan utama melakukan migrasi adalah memperoleh pekerjaan yang lebih baik. Faktor pendorong melakukan migrasi sebagian besar migran adalah karena rendahnya pendapatan di daerah asal. Oleh karena itu pemerintah perlu mengembangkan potensi di setiap daerah agar mengurangi ketimpangan pembangunan antar daerah dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Kata Kunci : Keputusan Migrasi, Usia, Pendidikan, Pendapatan, Status Pernikahan, Kepemilikan Lahan, Analisis Deskriptif.


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK