//

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN E-LEARNING DI MAN 1 TAKENGON

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmayani Fitri - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Fitri, Rahmayani. 2021. Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan E- Learning Di MAN 1 Takengon. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Elisa, M.Si (2) Drs. Soewarno, M.Si Kata Kunci : Efektivitas Pembelajaran Fisika, Menggunakan E-Learning Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kendala yang dialami siswa XI IPA di MAN I Takengon saat pembelajaran fisika menggunakan e-learning. perlu adanya upaya untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan e-learning sudah efektif atau belum. Berdasarkan hasil observasi awal di MAN 1 Takengon diperoleh informasi bahwa guru mengalami kendala pada proses pembelajaran menggunakan e-learning disebabkan karena guru tersebut kurang menguasai ilmu teknologi (IT), banyaknya siswa yang tidak mengikuti proses pembelajaran menggunakan e-learning, banyak siswa yang mengalami kesulitan memahami materi yang di sajikan guru karena minimnya penjelasan dan juga materi, sarana dan prasarana yang dimiliki kurang mendukung, dan beberapa dari siswa mengalami kesulitan untuk mendapatkan akses internet yang bagus sehingga tidak bisa digunakan dengan maksimal. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan E-Learning di MAN 1 Takengon. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sampel penelitian yaitu 60 siswa siswi kelas XI IPA di MAN 1 Takengon yang di pilih secara random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket tertutup. Teknik analisis data yang di gunakan pada penelitian ini adalah Likert’s summeted rating. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dalam kategori efektif dengan skor 4.067, aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori efektif dengan skor 2.335, dan analisis hasil belajar siswa dalam kategori sangat efektif yaitu 100%. Jadi, secara umum dapat dikatakan pembelajaran fisika menggunakan e-learning di MAN 1 Takengon efektif.efektivitas pembelajaran fisika menggunakan e-learning Di MAN 1 Takengon Efektif.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN LABORATORIUM DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA N 3 TAKENGON KAB. ACEH TENGAH (Suli Paulina, 2013)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA SMAN 5 TAKENGON (LIANA AGUSTINA, 2019)

EFEKTIVITAS PEMANFAATAN POTENSI LINGKUNGAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA (NUR AFIFAH YUSNI, 2019)

PENERIMAAN MEDIA E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KUANTUM BERDASARKAN MODEL TAM (Ica Sri Vandhini, 2021)

FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA MELAUI PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN FISIKA DI SMAN 1 TAKEGON (AMALIA NURANDA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy