//

IDENTIFIKASI TINGKAT PEMAHAMAN MATERI KONSEP DASAR GEOGRAFI MENGGUNAKAN FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST DISERTAI CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP USK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang El Citra Mega Ayu - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ayu, El Citra Mega. 2021. Identifikasi Tingkat Pemahaman Materi Konsep Dasar Geografi Menggunakan Four Tier Diagnostic Test Disertai Certainty Of Respon Index (CRI) Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP USK. Skripsi. Jurusan Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Drs. Abdul Wahab Abdi, M.Si., (2) Dra. Dyah Rahmani Purnomowati, M.Si Kata Kunci : pemahaman, konsep, geografi, four tier diagnostic test, CRI Pemahaman konsep merupakan hal yang penting dan harus diidentifikasi sedini mungkin agar tidak menyebabkan kesalahan konsep pada materi yang dipelajari. Keberhasilan mahasiswa dalam mempelajari suatu materi dapat dilihat dari seberapa besar pemahaman konsep pada materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman materi konsep dasar geografi dengan menggunakan four tier diagnostic test disertai certainty of respon index (CRI) mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP USK. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP USK angkatan 2019 dan 2020 yang berjumlah 161 mahasiswa. Sampel penelitian sebanyak 25% dari populasi, sehingga jumlah sampel penelitian adalah 40 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa soal pilihan ganda beralasan sebanyak 12 butir yang telah teruji valid dan reliabilitasnya. Tes ini dilengkapi dengan instrumen four tier diagnostic test disertai CRI. Hasil pengolahan data didapatkan bahwa tingkat pemahaman materi konsep dasar geografi mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP USK yang dikategorikan paham konsep sebesar 35,5%, tidak paham konsep 30,42%, miskonsepsi 26,25%, dan error 8,125%. Tingkat pemahaman mahasiswa masuk ke dalam kategori gagal karena skor persentase paham konsep yang diperoleh berada di bawah 45% dari total keseluruhan mahasiswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL DIAGNOSTIK MISKONSEPSI MENGGUNAKAN THREE-TIER DIAGNOSTIC TEST DENGAN FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST PADA MATERI GERAK LURUS DI MAN MODEL (AYU RAHMADANI, 2019)

IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP MENGGUNAKAN THREE-TIER MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIC TEST PADA SISWA KELAS XI MAN 1 BANDA ACEH (Ida Sofia, 2018)

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PADA KONSEP MEKANIKA MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH TAHUN AKADEMIK 2012/2013 (Frima Yanty Berutu, 2014)

ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN MAHASISWA PADA MATERI LAJU REAKSI DENGAN MENGGUNAKAN FOUR-TIER MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIC TEST DI JURUSAN PENDIDIKAN KIMIA FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Siti Rasa, 2021)

KORELASI NILAI MATA KULIAH KAJIAN MATERI GEOGRAFI SMA DAN NILAI MATA KULIAH KAJIAN MATERI SMP DENGAN NILAI MATA KULIAH MAGANG KEPENDIDIKAN III MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2015 (ELVIKA ZURAY, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy