//

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nuri Hafiza - Personal Name

Abstrak/Catatan

Nuri Hafiza (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran model Discovery Learning berbantuan GeoGebra untuk menumbuhkembangkan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP Perangkat pembelajaran merupakan salah satu faktor pendukung kesuksesan dalam proses belajar mengajar. Namun kenyataan dilapangan hasil wawancara dengan guru matematika SMP banyak keluhan dari guru mengenai terbatasnya penggunaan media yang sesuai dalam proses pembelajaran matematika. Maka dari itu diperlukan suatu produk yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model discovery learning berbantuan GeoGebra untuk menumbuhkembangkan kemampuan pemahaman matematis pada siswa yang valid, praktis dan efektif. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN Lampoh Saka Sigli. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Yang menggunakan model pengembangan Plomp terdiri dari tiga tahap yaitu: 1) investigasi awal, 2) rancangan (Design), 3) penilaian. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa media pembelajaran, RPP, LKPD dan lembar tes kemampuan pemahaman. Data pada penelitian ini adalah hasil validasi oleh validator dan hasil uji coba. Berdasarkan uji validasi oleh ahli diperoleh rerata total untuk media pembelajaran 4,29, rerata total untuk RPP 4,39, rerata total untuk LKPD 4,31 dan rerata untuk lembar tes 4,29. Hal ini dapat menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat valid. Kepraktisan terlihat dari hasil keterlaksaan pembelajaran diperoleh rata-rata persentase 95%. Selanjutnya keefektifan dilihat berdasarkan nilai kelompok pada LKPD dengan rata-rata 90,2 dan hasil tes kemampuan pemahaman matematis siswa mencapai 86%, sehingga kemampuan pemahaman matematis siswa berada pada kriteria baik. Berdasarkan hal tersebut, maka perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis dan efektif. Kata kunci: Perangkat pembelajaran, persamaan garis lurus, kemampuan pemahaman, software GeoGebra.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI MELALUI ELPSA FRAMEWORK BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (LIZA RAHMAH, 2018)

KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING (RISFAN ZAKI, 2021)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH 8 (Ulfanuriza, 2018)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SMA (YUVERNI SELVY, 2018)

PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TRIGONOMETRI DI SMA (NELLIANI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy