//

ANALISIS POTENSI JUMLAH PENUMPANG DAN KEBUTUHAN ARMADA BUS FEEDER PADA KORIDOR III TRANS KOETARADJA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SYARAFINA HELMI PUTRI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kota Banda Aceh terus mengalami perkembangan yang pesat baik dari segi ekonomi, infrastruktur dan transportasi sehingga menimbulkan peningkatan mobilitas pada masyarakat. Pemerintah Kota Banda Aceh sudah mengoperasikan bus Trans Koetaradja pada tahun 2016. Untuk mempermudah akses masyarakat menuju halte bus Trans Koetaradja diperlukan bus pengumpan (feeder). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi penumpang, jumlah kebutuhan armada dan probabilitas keingan menggunakan bus feeder dan faktor yang mempengaruhinya. Data primer penelitian diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada masyarakat yang berdomisili di sekitar koridor III Trans Koetaradja dengan menggunakan metode Departemen Perhubungan Tahun 2002 dan teknik pendekatan Stated Preference. Data sekunder didapatkan dari instansi-instansi terkait. Dari hasil analisis data menggunakan metode Departemen Perhubungan Tahun 2002 didapatkan potensi jumlah penumpang pada rute Simpang PUPR - Simpang Rima yaitu 2.318 orang dan rute feeder Simpang Seulawah - Simpang Ketapang yaitu 2.414 orang. Jumlah kebutuhan armada pada rute Simpang PUPR - Simpang Rima sebanyak 6 unit dan rute feeder Simpang Seulawah - Simpang Ketapang sebanyak 6 unit. Metode permodelan dan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pemilihan diskrit (Discrete Choice Model). Hasil penelitian memperlihatkan bahwa faktor-faktor dominan yang berpengaruh dalam kesediaan menaiki bus feeder pada penelitian ini adalah tujuan perjalanan (X1), waktu yang dihabiskan dalam melakukan perjalanan (X3), frekuensi perjalanan (X6), faktor menaiki bus feeder (X12), dan waktu tunggu maksimum di halte (X13). Probabilitas kesediaan penumpang menggunakan bus feeder yaitu sebesar 87% dan 13% yang memilih tidak bersedia menggunakan bus feeder. Kata kunci: Bus Feeder, Potensi Penumpang, Kebutuhan Armada, Model Pemilihan Diskrit, Logit Biner

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS POTENSI JUMLAH PENUMPANG DAN KEBUTUHAN ARMADA BUS FEEDER PADA KORIDOR III TRANS KOETARADJA (SYARAFINA HELMI PUTRI, 2021)

ANALISIS KEPENTINGAN DAN KINERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN BUS LISTRIK FEEDER TRANS KOETARADJA MENGGUNAKAN METODE IPA (IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS) (KHALISHA ZAHRA, 2021)

KAJIAN PEMILIHAN MODA PRIBADI DAN BUS LISTRIK FEEDER TRANS KOETARADJA (PUTERI REZEKI SAIDA, 2021)

ANALISA KEBUTUHAN PUBLIK DALAM PENGGUNAAN ANGKUTAN TRANS KOETARADJA DI IBUKOTA PROVINSI ACEH (Nita Ramayanti, 2019)

ANALISIS KEPENTINGAN DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS LAYANAN BUS TRANS KOETARADJA KORIDOR I KEUDAH - DARUSSALA (LIA FAJRI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy