//

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS VII MTSN RUKOH BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Wardatul Aini - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
MATHEMATICS - TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Pendekatan Scientific, hasil belajar, materi bangun datar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai siswa dalam pembelajaran matematika materi bangun datar di kelas VII MTsN Rukoh Banda Aceh. Pada implementasi kurikulum 2013 di sekolah, guru salah satunya harus menggunakan pendekatan scientific, karena pendekatan ini lebih efektif hasilnya dibandingkan pendekatan tradisional. Oleh karena itu peneliti mengadakan penelitian dengan judul “Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Scientific Pada Materi Bangun Datar Di Kelas VII MTsN Rukoh Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa melalui pendekatan scientific; (2) aktivitas siswa selama pembelajaran dengan pendekatan scientific; (3) mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan pendekatan scientific; (4) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan scientific. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, observasi aktivitas siswa, angket respon siswa. Pengolahan data hasil belajar dilakukan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji-t satu pihak (uji pihak kanan) pada taraf signifikansi α = 0,05 dan derajat kebebasan dk = 3 diperoleh hasil analisis data thitung > t(0,95)(31) (2,71 > 1,70). Data aktivitas siswa, kemampuan guru dan respon siswa diolah dengan menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) hasil belajar siswa kelas VII-1 MTsN Rukoh Banda Aceh dengan pendekatan scientific sudah mencapai ketuntasan belajar; (2) aktifitas siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan scientific sudah efektif; (3) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran mencapai kategori baik; (4) respon siswa pada pembelajaran dengan pendekatan scientific adalah positif.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK (SCIENTIFIC) PADA MATERI FUNGSI DI KELAS VIII MTSN RUKOH (Sri Aulia, 2015)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII MTSN MODEL BANDA ACEH (RIZKA, 2015)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENEREPAN METODE DISCOVERY PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS III SD NEGERI 50 BANDA ACEH (Nurullita, 2014)

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS VII MTSN LHOKNGA ACEH BESAR (Rizki Intan Benazir, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (MAHDARUL HUSAINA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy