//

ANALISIS TINGKAT KEASAMAN AMPAS KOPI SEBAGAI KATALIS ALTERNATIF SUMBER ENERGI BIO BATERAI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURUL AUFA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat keasaman ampas kopi sebagai alternatif sumber energi bio baterai, serta menyelidiki bagaimana daya yang dihasilkan dari variasi ampas kopi. Penelitian ini menggunakan empat variasi ampas kopi. Pengumpulan data dilakukan dengan mengambil data pH atau tingkat keasaman, data voltase, dan juga lama nyala waktu LED dari masing-masing variasi ampas kopi. Hasil penelitian menunjukkan ampas kopi arabika luwak, arabika original, robusta luwak, dan robusta original secara berurutan memiliki nilai pH yaitu 5, 5.15, 5,36, 5,6. Kemudian voltase 1.35 volt,1.27 volt, 1.11 volt, 0.994 volt. Dan nyala waktu LED 417 jam,414 jam, 409 jam, 404 jam. Sehingga dari hasil yang diperoleh terdapat hubungan yang signifikan antara nilai pH terhadap voltase dan daya, yaitu semakin kecil nilai pH maka voltase dan daya yang dihasilkan akan semakin besar. Kata kunci : tingkat keasaman, pH, ampas kopi, bio baterai.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MENDESAIN SISTEM PENGISIAN BATERAI SECARA OTOMATIS UNTUK KEBUTUHAN ENERGI LISTRIK ALTERNATIF (MUHAMMAD HABIBIE, 2018)

PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS JAMUR MERANG (VOLVARIELLA VOLVACEA (BULL.) FRIES) PADA KOMBINASI MEDIA TANAM JERAMI DAN AMPAS KOPI (IRFA MASYURA, 2020)

PEMANFAATAN SEL SURYA SEBAGAI ENERGI ALTERNATIF UNTUK SISTEM PENERANGAN PADA SAAT EMERGENCY (MUHAMMAD FAUZI LUBIS, 2021)

DESAIN SISTEM TRANSFER BEBAN OTOMATIS DARI SUMBER PLN KE PLTS PADA WAKTU BEBAN PUNCAK (WBP) (AGUS MULYADI, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN KOMPOS LIMBAH KOPI DAN PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG DAYAK (ELEUTHERINE PALMIFOLIA MERR) (Elwanda Farisz Ammar, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy