//

SELF EFFICACY MODIFIKASI GAYA HIDUP PADA PASIEN HIPERTENSI DI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ALFIATUR RAHMI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Hipertensi hingga kini masih menjadi rintangan terbesar di Indonesia karena setiap tahun angka kejadiannya semakin meningkat. Modifikasi gaya hidup menjadi hal yang sangat dibutuhkan dalam menekan kejadian hipertensi. Self-efficacy menjadi faktor utama dalam membantu pasien untuk memodifikasi gaya hidup termasuk perencanaan makanan, penurunan berat badan, peningkatan aktivitas fisik serta perilaku stop merokok. Hal tersebut memainkan peranan penting dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang self-efficacy modifikasi gaya hidup pada pasien hipertensi di Banda Aceh. Penelitian ini berdesain deskriptif dengan pendekatan survey. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 155 responden pada usia ≥18 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara terpimpin dengan alat ukur berupa 20 item kuesioner. Hasil penelitian didapatkan self-efficacy tergolong tinggi yaitu sebanyak 80 orang (51.6%) yang menunjukkan bahwa self-efficacy sudah cukup baik namun perlu adanya peningkatan kembali untuk perilaku promosi kesehatan di Banda Aceh. Perawat perlu memberikan edukasi, media informasi serta evaluasi kepada masyarakat agar mampu meningkatkan self-efficacy modifikasi gaya hidup yang lebih sehat untuk menekan kejadian hipertensi dan komplikasi lebih lanjut. Kata Kunci : self efficacy, modifikasi gaya hidup, hipertensi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MODIFIKASI GAYA HIDUP PADA ANGGOTA KELUARGA YANG MENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KAJHU KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2014 (Teuku Fajar, 2014)

GAMBARAN MODIFIKASI GAYA HIDUP BERDASARKAN BEHAVIORAL SYSTEM MODEL PADA PASIEN HIPERTENSI DI POLI KLINIK PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 (Sri Erfina, 2014)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN PENDERITA HIPERTENSI DI KOTA BANDA ACEH (Lena Darliana, 2019)

HUBUNGAN GAYA HIDUP DENGAN UPAYA PENCEGAHANRNTERJADINYA STROKE PADA PASIEN HIPERTENSI DIRNRUANG POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RUMAHRNSAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH TAHUN 2012 (Dewi Zahara Sukma, 2014)

HUBUNGAN SELF-EFFICACY DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT PENDERITA HIPERTENSI DI PUSKESMAS KUTA ALAM BANDA ACEH (KHAIRUL MUSTAFA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy