//

ANALISIS DAYA DUKUNG DINAMIS PONDASI TIANG PANCANG DAN FREKUENSI NATURAL TANAH AKIBAT KECEPATAN GELOMBANG GESER

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fauzan Mufid - Personal Name

Abstrak/Catatan

Jembatan adalah sebuah bangunan konstruksi yang terdiri dari struktur atas (upper structure) dan struktur bawah (sub-structure). Jembatan berfungsi untuk menghubungkan dua ruas jalan yang terputus akibat adanya rintangan yang lebih rendah. Rintangan ini dapat berupa alur sungai, jalur lalu lintas, saluran irigasi, dan sebagainya. Objek yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah jembatan Alue Lamteh yang termasuk ke dalam Ruas Jalan Nasional Banda Aceh-Medan yang berlokasi di Desa Keumireu, Kecamatan Kuta Cot Glie, Kabupaten Aceh Besar pada titik koordinat 5°23’42,4” LU dan 95°29’35,9” BT dan berada dekat dengan 2 lokasi sumber gempa di Provinsi Aceh, diantaranya Patahan Seulimum dan Gunung Vulkanik Seulawah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis daya dukung dinamis pondasi tiang pancang dan nilai frekuensi natural tanah pada Jembatan Alue Lamteh. Daya dukung dinamis tiang pancang dihitung menggunakan metode Janbu, AASHTO, ENR-Modified, Navy-McKay, Gates, Danish, Eytelwein, CNB, PCUBC dan Hiley serta nilai frekuensi natural tanah (fn) dihitung pada Abutment 2 dan Abutment 4 menggunakan persamaan Kramer dan nilai Gmax dihitung menggunakan persamaan Munirwansyah. Berdasarkan hasil perhitungan daya dukung dengan formula dinamis didapat bahwa nilai daya dukung dinamis terbesar yaitu menggunakan metode Gates pada tiang P1.2 dan P3.2 dengan nilai final set (s) 12 mm masing-masing sebesar 1267,051 ton sedangkan nilai daya dukung dinamis terkecil yaitu menggunakan metode PCUBC pada tiang P2.2 dengan nilai final set (s) 24 mm sebesar 35,470 ton serta didapat nilai frekuensi natural tanah (fn) pada abutment 2 dan abutment 4 masing-sebesar 8,035 Hz dan 8,157 Hz. Kata kunci: pondasi tiang pancang, formula dinamis, pengujian calendering, final set (s), gempa bumi, frekuensi natural tanah

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONTROL KAPASITAS DAYA DUKUNG PONDASI TIANG PANCANG DENGAN METODE FORMULA DINAMIS DAN ANALISIS PACIFIC COAST UNIFORM BUILDING CODE (Fanny Lilian, 2021)

TINJAUAN DAYA DUKUNG PONDASI TIANG PANCANG (PRECAST CONCRETE MINI PILE) DENGAN METODE FORMULA DINAMIS DAN ANALISIS NAVY-MCKAY (Ananda Kiki Rahmita, 2020)

ANALISIS DAYA DUKUNG PONDASI TIANG PANCANG DENGAN METODE STATIS DAN METODE DINAMIS (STUDI KASUS: PROYEK JEMBATAN RAYEUK PANGE KABUPATEN ACEH UTARA) (CUT SITTI RAFIDATUL HILDAYANI, 2021)

EVALUASI KINERJA PONDASI TIANG PANCANG PADA PROYEK PEMBANGUNAN DUPLIKASI JEMBATAN PEUREULAK KABUPATEN ACEH TIMUR (Ajimah, 2021)

ANALISIS DAYA DUKUNG TIANG PANCANG DENGAN MENGGUNAKAN DATA KALENDERING DAN DATA SPT (STUDI KASUS PROYEK JEMBATAN BINTAH ACEH JAYA) (CUT LUTFIA KHALISA, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy