//

PENGARUH PENCAMPURAN SEMEN TERHADAP PARAMETER KUAT GESER PADA TANAH SEDIMEN MENGGUNAKAN ALAT DIRECT SHEAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD ABRAR - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Tanah yang tersedia di alam sering kali tidak dapat langsung digunakan karena secara alamiah tanah memiliki sifat-sifat fisis dan mekanis tertentu yang terbatas. Tanah sedimen merupakan tanah sedimentasi yang terendapkan pada dasar sungai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pencampuran semen sebagai bahan stabilisasi tanah terhadap nilai kohesi (c) dan sudut geser (Ø). Tanah sedimen yang digunakan berasal dari Desa Reukih Dayah, Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar. Metode pengujian yang dilakukan yaitu uji sifat-sifat fisis dan uji mekanis tanah. Pengujian sifat-sifat fisis yang dilakukan meliputi berat jenis, batas cair, batas plastis, dan analisa butiran, sedangkan pengujian sifat mekanis yaitu pengujian pemadatan (standard proctor) dan direct shear. Hasil pengujian sifat-sifat fisis yaitu nilai berat jenis sebesar 2,67, nilai batas cair 32%, nilai batas plastis 24%, indeks plastisitas sebesar 8%, dan analisa saringan sebesar 62,51%. Berdasarkan hasil tersebut bahwa tanah sedimen menurut sistem klasifikasi AASHTO tergolong ke dalam jenis tanah A-4 (3) termasuk ke dalam tanah berlanau sedang sampai buruk, dan menurut USCS termasuk ke dalam jenis tanah lanau tak organik dan pasir sangat halus, serbuk batuan atau pasir halus berlanau dan berlempung (ML). Hasil pengujian kuat geser, tanah sedimen memiliki nilai sudut geser sebesar 10º dan kohesi sebesar 0,26 kg/cm2. Pada campuran semen 5% memiliki nilai sudut geser sebesar 11º dan kohesi sebesar 0,23 kg/cm2, campuran semen 10% memiliki nilai sudut geser 15º dan kohesi sebesar 0,21 kg/cm2, campuran semen 15% memiliki nilai sudut geser 17º dan kohesi sebesar 0,15 kg/cm2 dan campuran semen 20% memiliki nilai sudut geser 18º dan kohesi sebesar 0,09 kg/cm2. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai sudut geser mengalami peningkatan seiring bertambahnya persentase semen sedangkan nilai kohesi mengalami penurunan seiring bertambahnya persentase semen. Kata Kunci: Tanah Sedimen, Semen, Nilai Parameter Kuat Geser

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STABILISASI TANAH LEMPUNG DESA COT BAGIE DENGAN GARAM KOTOR TERHADAP PARAMETER KUAT GESER DENGAN ALAT UJI DIRECT SHEAR (Muhammad Furkan Ahyati, 2020)

STABILISASI TANAH LEMPUNG DENGAN ABU CANGKANG KEMIRI TERHADAP PARAMETER KUAT GESER MENGGUNAKAN ALAT DIRECT SHEAR (SAHEH BUKHARI, 2019)

PENGUJIAN KEKUATAN GESER TANAH LERENG JALAN YANG SUDAH LONGSOR PADA RUAS JALAN BANDA ACEH - CALANG KM 41 (Muarief, 2017)

PENGARUH PENAMBAHAN LIMBAH KARBIT TERHADAP NILAI PARAMETER KUAT GESER TANAH LEMPUNG DESA LHOK KRUET KECAMATAN SAMPOINIET KABUPATEN ACEH JAYA (Roland Alhadrawi, 2016)

PENGUJIAN KUAT GESER TANAH DI JEMBATAN BLANG MALU KECAMATAN MUTIARA TIMUR KABUPATEN PIDIE (Debi Mutia, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy