//

KUAT LEKATAN ANTARA BETON BERTULANG DAN NATURAL FIBER REINFORCED POLYMER (NFRP) SERAT ABAKA DENGAN VARIASI PEREKAT UNTUK PERKUATAN STRUKTUR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RAHMI RABAIYANI JODA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penurunan kekuatan bangunan disebabkan beberapa aspek seperti usia dan bencana alam. Maka penting dilakukan perkuatan struktur beton bertulang. Fiber Reinforced Polymer (FRP) merupakan salah satu alternatif untuk perkuatan dan perbaikan struktur beton bertulang. Namun, penggunaan FRP dengan serat sintetis tidak ramah lingkungan maka digunakan serat alam sebagai material Natural Fiber Reinforced Polymer (NFRP). Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh variasi perekat terhadap kuat lekatan pada beton bertulang dan mode kegagalannya. Penelitian dilakukan dengan melekatkan serat abaka satu atau dua lapis pada permukaan balok beton bertulang dengan perekat epoksi, poliester, dan thixotropic epoxy. Uji lekatan dilakukan dengan memberi beban tarik pada kedua ujung baja tulangan. Benda uji yang digunakan balok berukuran 100 mm x 100 mm x 300 mm dan baja tulangan tunggal berdiamater 10 mm ditengah luasan. NFRP berukuran 50 mm x 240 mm dilekatkan pada kedua sisi balok dan empat strain gauge diletakkan disatu sisi. Hasil penelitian beton bertulang dengan perkuatan NFRP dua lapis serat abaka perekat epoksi yang paling besar memikul beban yaitu 4520 kg. Mode kegagalan yang terjadi yaitu NFRP putus ditengah kecuali NFRP dua lapis serat abaka perekat poliester yang mengalami debonding dengan nilai kuat lekatan sebesar 3,514 MPa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERILAKU KUAT LEKATAN ANTARA BALOK BETON BERTULANG DAN NATURAL FIBER REINFORCED POLYMER (NFRP) UNTUK PERKUATAN STRUKTUR (SHAFIRA SALSABILA, 2021)

ANALISIS PERBANDINGAN KUAT LEKATAN MATERIAL KOMPOSIT FRP SERAT RAMI DAN SERAT ABAKA PADA PERKUATAN STRUKTUR BETON BERTULANG (SAPRIADIN, 2020)

KUAT LEKATAN ANTARA MATERIAL KOMPOSIT NATURAL FIBER REINFORCED POLYMER (NFRP) SERAT ABAKA DAN BETON UNTUK PERKUATAN BALOK BETON BERTULANG (NAZIRA SUHA AL BAKRI, 2021)

KUAT LEKATAN MATERIAL KOMPOSIT NATURAL FIBER REINFORCED POLYMER (NFRP) BERBAHAN DASAR SERAT NANAS DAN SUTRA TERHADAP BETON UNTUK PERKUATAN BALOK BETON BERTULANG (SARAH NADIA, 2021)

PENGARUH JUMLAH LAPISAN SERAT ABAKA SEBAGAI MATERIAL KOMPOSIT NATURAL FIBER REINFORCED POLYMER (NFRP) UNTUK PERKUATAN GESER PADA BALOK BETON BERTULANG (Kiki Setiawan, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy