//

KAJI TEORITIS UNJUK KERJA PENUKAR PANAS BAWAH TANAH UNTUK APLIKASI PENDINGIN RUMAH TIPE-36 DENGAN SIMULASI CFD

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZHAFRAN MAULANA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penukar panas bawah tanah dengan fluida kerja udara dapat digunakan sebagai kontribusi pasif untuk mengurangi kebutuhan energi bangunan untuk tujuan pemanasan ataupun pendinginan. Kajian ini bertujuan untuk mengkaji unjuk kerja penukar panas bawah tanah dengan beberapa variasi parameter desain seperti : panjang pipa, diameter pipa, jumlah lekukan pipa serta jenis tanah dimana penukar panas bawah tanah ditanam, lebih lanjut regime termal rumah tipe-36 baik dengan atau tanpa menggunakan penukar panas bawah tanah. Pada penelitian ini, disimulasikan menggunakan software CFD ANSYS Fluent. Dari hasil simulasi tersebut didapatkan nilai temperatur outlet udara pada setiap variasi parameter yang telah ditentukan. Pada variasi panjang pipa, penurunan temperatur udara outlet tertinggi pada pipa 47 meter yaitu sebesar 26,8 °C. Dimana pertambahan panjang pipa mempengaruhi penurunan temperatur udara outlet yang lebih baik. Pada variasi diameter pipa, perbedaan penurunan temperatur udara outlet tidak terlalu signifikan. Dimana selisih rata-rata penurunan temperatur udara outlet sebesar 0,046 °C. Pada variasi jumlah lekukan, penurunan temperatur udara outlet yang dihasilkan adalah sama untuk ketiga variasi yaitu 28,2 °C, nilai parameter yang menunjukkan selisih yang cukup berbeda adalah pressure drop. Pada variasi jenis tanah, penurunan temperatur udara outlet tertinggi diperoleh untuk jenis tanah (soil) yaitu 26,1 °C. Pada Kajian regime termal rumah tipe-36 didapatkan hasil simulasi rumah yang menggunakan penukar panas bawah tanah dapat menurunkan temperatur sekitar 2 °C dengan rata-rata temperatur rumah 30,4 °C.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN EKSPERIMENTAL PENGARUH JUMLAH LUBANG PLAT TERHADAP PERPINDAHAN PANAS KONVEKSI PADA MENARA PENDINGIN TIPE PLAT DATAR (Asra Yufandi, 2021)

STUDI EKSPERIMENTAL DAN PENYELESAIAN SECARA NUMERIK PADA PENGARUH PANJANG LALUAN TUBE TERHADAP UNJUK KERJA ALAT PENUKAR KALOR (Yufandi Azis, 2017)

KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH PANJANG LALUAN PIPA PADA PENUKAR KALOR BERBELOKAN TAJAM (Muhammad Hafiz, 2018)

ANALISIS KARAKTERISTIK PERPINDAHAN PANAS PADA FEEDWATER HEATER UNIT 1 DAN 2 PT S2P PLTU CILACAP 2 X 300 MW (LATIFAH ULIYA, 2021)

ANALISA UNJUK KERJA KONDENSOR TEKANAN 0,0082 MPA KAPASITAS 18.500 M3/H DI PT. PLN SEKTOR NAGAN RAYA (SAID RAHMAT, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy