//

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS WHATSAPP (WA) GROUP CLASS DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NUR SADIQAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sadiqah, Nur. 2021. Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Whatsapp (Wa) Group Class Ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fkip Unsyiah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. (1) Drs. Zainuddin, M.Pd, (2) Drs. Elmi Mahzum, M.IT Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Daring, WhatsApp Group Class, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian yang berjudul “Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Whatsapp (Wa) Group Class Ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fkip Unsyiah” ini mengangkat masalah apakah penggunaan Whatsapp Group Class dalam pembelajaran daring efektif digunakan ditinjau dari motivasi dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Listrik Magnet. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada atau tidak pengaruh penggunaan media Whatsapp Group Class dalam pembelajaran daring dan motivasi terhadap hasil belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika FKIP Unsyiah. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode regresi dan korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Angkatan 2017 Jurusan Pendidikan Fisika FKIP Unsyiah. Sementara yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu mahasiswa angkatan 2017 yang telah mengikuti pembelajaran daring melalui Whatsapp Group Class pada mata kuliah Listrik Magnet yang berjumlah 55 mahasiswa. Penentuan sampel dilakukan secara total sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket, wa-wancara dan dokumentasi (hasil belajar). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana dan korelasi product moment. Dari Hasil perhitungan di-peroleh pengaruh dan hubungan yang signifikan antara pembelajaran daring berbasis WhatsApp group class terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring melalui WhatsApp Group Class efektif digunakan ditinjau dari motivasi dan hasil belajar mahasiswa sesuai dengan tingkat interprestasi skor efektivitas. ABSTRAK Sadiqah, Nur. 2021. Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Whatsapp (Wa) Group Class Ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fkip Unsyiah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. (1) Drs. Zainuddin, M.Pd, (2) Drs. Elmi Mahzum, M.IT Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Daring, WhatsApp Group Class, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian yang berjudul “Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Whatsapp (Wa) Group Class Ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fkip Unsyiah” ini mengangkat masalah apakah penggunaan Whatsapp Group Class dalam pembelajaran daring efektif digunakan ditinjau dari motivasi dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Listrik Magnet. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada atau tidak pengaruh penggunaan media Whatsapp Group Class dalam pembelajaran daring dan motivasi terhadap hasil belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika FKIP Unsyiah. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode regresi dan korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Angkatan 2017 Jurusan Pendidikan Fisika FKIP Unsyiah. Sementara yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu mahasiswa angkatan 2017 yang telah mengikuti pembelajaran daring melalui Whatsapp Group Class pada mata kuliah Listrik Magnet yang berjumlah 55 mahasiswa. Penentuan sampel dilakukan secara total sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket, wa-wancara dan dokumentasi (hasil belajar). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana dan korelasi product moment. Dari Hasil perhitungan di-peroleh pengaruh dan hubungan yang signifikan antara pembelajaran daring berbasis WhatsApp group class terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring melalui WhatsApp Group Class efektif digunakan ditinjau dari motivasi dan hasil belajar mahasiswa sesuai dengan tingkat interprestasi skor efektivitas.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HAMBATAN YANG DIHADAPI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH PADA PROSES PEMBELAJARAN (Ramiah, 2021)

KESULITAN BELAJAR MATA KULIAH MATEMATIKA FISIKA I MELALUI PEMBELAJARAN DARING MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA ANGKATAN 2019 FKIP USK (FRISKA BERLIAN DAYATI, 2021)

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONSEP LISTRIK BERBASIS E-LEARNING PADA PERKULIAHAN FISIKA DASAR DI JURUSAN BIOLOGI FKIP UNSYIAH (Semandin, 2021)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MENGGUNAKAN LURING DAN WHATSAPP DENGAN MENGGUNAKAN LURING DAN E-LEARNING PADA MATA KULIAH KAJIAN FISIKA SEKOLAH I (Nanda Novera, 2021)

IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR FISIKA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA FKIP USK (Sri Wulandari, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy