//

EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PEMBANGUNAN RUMAH LAYAK HUNI DI PROVINSI ACEH (STUDI KASUS KABUPATEN PIDIE)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SUHERI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Dalam meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Provinsi Aceh khususnya masyarakat Kabupaten Pidie, Pemerintah Provinsi Aceh dan Pemerintah Kabupaten Pidie melaksanakan program pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat miskin. Namun hingga saat ini belum diketahui sejauh mana kedua program yang dijalankan tersebut efektif dalam mencapai tujuan kesejahteraan bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas pelaksanaan program bantuan rumah layak huni, mengetahui hubungan antara efektifitas pelaksanaan progam dengan dampak program terkait peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan mengetahui perbandingan efektifitas pelaksanaan program oleh Pemerintah Provinsi Aceh dengan Pemerintah Kabupaten Pidie. Sumber data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh dari jawaban 150 responden, yang terdiri dari 39 penerima program dari Pemerintah Provinsi Aceh dan 111 penerima program dari Pemerintah Kabupaten Pidie serta data sekunder yang didapatkan dari jurnal penelitian terdahulu, Dinas Perumahan dan Permukiman serta Badan Pemberdayaan Masyarakat. Alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis efektifitas, ditinjau dari empat variabel, yaitu variabel masukan/input, variabel keluaran/output, variabel hasil/outcome dan variabel dampak/impact dengan menggunakan modifikasi rumus Dantes, analisis Chi Square untuk mengetahui hubungan antara efektivitas program dengan dampak program terhadap peningkatan kesejahteraan, serta analisis independent sample T-test untuk melihat perbandingan efektifitas program antara program pemerintah Provinsi Aceh dengan program pemerintah Kabupaen Pidie. Hasil analisis efektifitas program pembangunan rumah layak huni dari Pemerintah Provinsi Aceh tergolong memiliki tingkat capaian cukup efektif, yaitu dengan skor keseluruhan variabel X=4053 yang berada pada range nilai interval 3640 ≤ X ≤ 5720. Sedangkan Analisis efektifitas program pembangunan rumah layak huni dari Pemerintah Kabupaten Pidie memiliki tingkat capaian kurang efektif, yaitu dengan skor keseluruhan variabel X=10275 yang berada pada range nilai interval 7400 ≤ X ≤ 10360. Nilai chi-square hasil penelitian untuk Pemerintah Provinsi Aceh adalah jauh lebih besar dari nilai chi-square kritik (7,8 > 6,64), dan nilai chi-square hasil penelitian untuk Pemerintah Kabupaten Pidie juga jauh lebih besar dari nilai chi-square kritik (10,538 > 6,64), hal ini menunjukkan bahwa dari kedua program pembangunan rumah layak huni tersebut terdapat hubungan yang signifikan antara efektivitas program dengan dampak program terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pada analisis independent sample T-test diketahui rata-rata efektifitas program pemerintah Provinsi Aceh adalah 2,7196 dan rata-rata efektifitas program pemerintah Kabupaten Pidie adalah 2,4020. Dengan demikian disimpulkan bahwa program pemerintah Provinsi Aceh lebih efektif dibandingkan dengan program pemerintah Kabupaten Pidie.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PEMBANGUNAN RUMAH LAYAK HUNI UNTUK KAUM DHUAFA DI PROVINSI ACEH (STUDY KASUS: KABUPATEN ACEH UTARA) (MUSAFARUDDIN, 2018)

PELAKSANAAN EVALUASI FORMATIF BIDANG STUDI BIOLOGI DI SMA NEGERI DALAM KABUPATEN PIDIE (Musafir, 2021)

MANFAAT PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT YANG DEMOKRATIS DALAM MEWUJUDKAN PEMBAGUNAN DESA YANG DEMOKRATIS DI DESA DAYAH SINTHOP KECAMATAN MILA KABUPATEN PIDIE (KHAIDIR, 2013)

FAKTOR PENYEBAB MENINGKATNYA KASUS PERCERAIAN DI KABUPATEN PIDIE (STUDI KASUS DI KOTA SIGLI) (Cut Novi Maulanadewi, 2018)

MANAJEMEN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMPN 1 BANDAR BARUKABUPATEN PIDIE JAYA (NUR ASIAH, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy