Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
PENGGUNAAN MODEL COCOAER UNTUK MENCEGAH POTENSI MISKONSEPSI SISWA PADA TOPIK LISTRIK STATIS
Pengarang
ADEK SAFRIZAL - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1706103030035
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Penelitian ini bertujuan untuk mencegah potensi miskonsepsi siswa pada topik listrik statis dengan menggunakan model CoCoAER. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas X SMK Negeri 1 Trumon Timur. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan “pre-expremental design dengan desain one-group pretest-postetest design”. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes pemahaman konsep (pretest dan posttest) menggunakan three-tier test, pengamatan, angket respon siswa dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif serta perhitungan N-Gain Score. Hasil post-test menunjukkan persentase siswa berkategori PK meningkat menjadi 53,3%-100%, BPK berkurang menjadi 10%-13,3% dan kategori PMK/MK berkurang menjadi 16,6%-46,6%. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata nilai N-Gain 0,70. Keterlaksanaan model pembelajaran CoCoAER terlaksana sesuai dengan fase-fase model CoCoAER dan efektif dalam mencegah potensi miskonsepsi siswa pada topik listrik statis.
Kata kunci: Model CoCoAER, Potensi Miskonsepsi, Listrik Statis, Three-tier test
Tidak Tersedia Deskripsi
EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COCOAER PADA KONSEP FLUIDA STATIS (Suriana, 2022)
ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DITINJAU DARI HASIL BELAJAR PADA MATERI FLUIDA STATIS MENGGUNAKAN THREE-TIER DIAGNOSTIC TEST (IRNA HUMAIZA, 2022)
PENGGUNAAN TEKNIK KONFLIK KOGNITIF UNTUK REMEDIASI MISKONSEPSI DALAM PELAJARAN FISIKA DI SLTP NEGERI 6 KOTA BANDA ACEH (Irmaini, 2021)
IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP LISTRIK DINAMIS DI SMAN 6 BANDA ACEH (NOVIA NANDA BALQIS N, 2018)
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI ALAT OPTIK DENGAN PENERAPAN MODEL COCOAER (Eva Rizki, 2021)