PENGGUNAAN MODEL COCOAER UNTUK MENCEGAH POTENSI MISKONSEPSI SISWA PADA TOPIK LISTRIK STATIS | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGGUNAAN MODEL COCOAER UNTUK MENCEGAH POTENSI MISKONSEPSI SISWA PADA TOPIK LISTRIK STATIS


Pengarang

ADEK SAFRIZAL - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1706103030035

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk mencegah potensi miskonsepsi siswa pada topik listrik statis dengan menggunakan model CoCoAER. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas X SMK Negeri 1 Trumon Timur. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan “pre-expremental design dengan desain one-group pretest-postetest design”. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes pemahaman konsep (pretest dan posttest) menggunakan three-tier test, pengamatan, angket respon siswa dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif serta perhitungan N-Gain Score. Hasil post-test menunjukkan persentase siswa berkategori PK meningkat menjadi 53,3%-100%, BPK berkurang menjadi 10%-13,3% dan kategori PMK/MK berkurang menjadi 16,6%-46,6%. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata nilai N-Gain 0,70. Keterlaksanaan model pembelajaran CoCoAER terlaksana sesuai dengan fase-fase model CoCoAER dan efektif dalam mencegah potensi miskonsepsi siswa pada topik listrik statis.
Kata kunci: Model CoCoAER, Potensi Miskonsepsi, Listrik Statis, Three-tier test

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK