//

PENGGUNAAN MODEL COCOAER UNTUK MENCEGAH POTENSI MISKONSEPSI SISWA PADA TOPIK LISTRIK STATIS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ADEK SAFRIZAL - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mencegah potensi miskonsepsi siswa pada topik listrik statis dengan menggunakan model CoCoAER. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas X SMK Negeri 1 Trumon Timur. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan “pre-expremental design dengan desain one-group pretest-postetest design”. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes pemahaman konsep (pretest dan posttest) menggunakan three-tier test, pengamatan, angket respon siswa dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif serta perhitungan N-Gain Score. Hasil post-test menunjukkan persentase siswa berkategori PK meningkat menjadi 53,3%-100%, BPK berkurang menjadi 10%-13,3% dan kategori PMK/MK berkurang menjadi 16,6%-46,6%. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata nilai N-Gain 0,70. Keterlaksanaan model pembelajaran CoCoAER terlaksana sesuai dengan fase-fase model CoCoAER dan efektif dalam mencegah potensi miskonsepsi siswa pada topik listrik statis. Kata kunci: Model CoCoAER, Potensi Miskonsepsi, Listrik Statis, Three-tier test

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN TEKNIK KONFLIK KOGNITIF UNTUK REMEDIASI MISKONSEPSI DALAM PELAJARAN FISIKA DI SLTP NEGERI 6 KOTA BANDA ACEH (Irmaini, 2021)

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP LISTRIK DINAMIS DI SMAN 6 BANDA ACEH (NOVIA NANDA BALQIS N, 2018)

EFEKTIVITAS MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI MATERI FLUIDA STATIS PADA SISWA SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (HAIFA HUMAIRAH, 2019)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEP UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI MTSN 2 ACEH BESAR (Dewi Lestari, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PERUBAHAN KONSEPTUAL (CONCEPTUAL CHANGE) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DITINJAU DARI PENALARAN FORMAL SISWA (Elva Wirda, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy