//

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN PERISAKAN DI TEMPAT KERJA (WORKPLACE PERISAKAN) PADA PERAWAT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang LAINATUSSIFAH QAMAL - Personal Name

Abstrak/Catatan

Perisakan di tempat kerja adalah salah satu masalah psikologis yang sering dialami oleh perawat di tempat kerja, Kejadian perisakan di tempat kerja lebih banyak ditemukan pada pekerjaan dengan tingkat stressor yang tinggi. Perisakan di tempat kerja akan memberikan dampak negatif bagi individu maupun organisasi, namun hasil penelitian menunjukkan bahwa kejadian perisakan masih banyak dialami oleh perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor - faktor yang berhubungan dengan kejadian perisakan yang dialami oleh perawat di tempat kerja di Kota Banda Aceh. Desain penelitian menggunakan cross sectional study. Sampel diambil secara total sampling dengan jumlah 196 orang perawat. Hasil uji statistik didapatkan faktor yang berhubungan dengan kejadian perisakan di tempat kerja adalah usia = 0,001, masa kerja = 0,000, pendapatan = 0,022, jabatan = 0,001, status kepegawaian = 0,033 dan iklim organisasi = 0,000. Selanjutnya dari hasil analisis multivariate didapatkan faktor masa kerja merupakan faktor yang paling berhubungan dengan kejadian perisakan pada perawat di tempat kerja dengan OR = 5,420 dan faktor organisasi juga faktor dominan dengan perisakan di tempat kerja dengan nilai OR = 3,483. Hasil penelitian ini diharapkan agar pihak rumah sakit dapat memperbaiki iklim organisasi yang kurang baik dengan memperjelas pembagian tugas berdasarkan jenjang karir perawat.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA PERAWAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH GAYO LUES (Baginda Sakti, 2019)

FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA PERAWAT DI RUANG INTENSIVE CARE BLUD RUMAH SAKIT UMUM MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Safrizal , 2015)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRES KERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP BLUD RUMAH SAKIT UMUM MEURAXA KOTA BANDA ACEH TAHUN 2015 (Abdul Halim, 2015)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN KERJA PERAWAT DI RUMAH SAKIT PROVINSI ACEH (Syifa Azhara Trifadhlina, 2020)

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRES KERJA PERAWAT PELAKSANA DI RUANG INTENSIVE RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (Arza Rufli, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy