PENGEMBANGAN SENSOR WARNA TCS3200 BERBASIS ARDUINO UNO DAN APLIKASINYA TERHADAP KANDUNGAN FORMALIN DALAM IKAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGEMBANGAN SENSOR WARNA TCS3200 BERBASIS ARDUINO UNO DAN APLIKASINYA TERHADAP KANDUNGAN FORMALIN DALAM IKAN


Pengarang

M. ALAMI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1508103010050

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Kimia (S1) / PDDIKTI : 47201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Telah dirancang, dibuat, dan diuji sebuah aplikasi pemindai warna meggunakan sensor TCS3200 berbasis Arduino Uno dengan Software Program integrated develoment environment (IDE). Sensor ini digunakan untuk mengukur kadar formalin dalam ikan tongkol dan ikan dencis di beberapa pasar kota Banda Aceh yaitu pasar ikan Lampulo, Peunayong, Seutui, Ulee Kareng dan Lamnyong. Sampel dipreparasi menggunakan metode ekstraksi menggunakan pelarut Tricloro Asetat dan diidentifikasi kandungan formalin menggunakan analisis kualitatif yaitu uji Fehling dan analisis kuantitatif yaitu menggunakan sensor warna TCS3200 berbasis Arduino Uno. Hasil analisis kuantitatif yang diperoleh sensor warna TCS3200 dibandingkan dengan metode spektrofotometri ultraviolet visibel (UV-Vis). Hasil pengukuran menunjukkan bahwa sampel ikan tongkol dan dencis tidak mengandung bahan pengawet berbahaya (formalin). Kadar kontrol positif formalin yang diuji menggunakan sensor warna TCS3200 adalah 20,06 ppm dan menggunakan spektrofotometer UV-Vis adalah 20,61 ppm. Berdasarkan dari hasil pengukuran uji t dari kedua metode tersebut dapat disimpulkan bahwa penentuan kadar formalin menggunakan sensor warna TCS3200 berbasis Arduino Uno sama baiknya dengan penentuan kadar formalin dengan menggunakan spektrofotometer UV-Vis.

Kata kunci: Formalin, ikan, Fehling, sensor warna, TCS3200

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK