//

EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN FIELD MARKET DALAM UPAYA MENIGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MULOK DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sriyanti - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata Kunci : Efektivitas,field market, pembelajaran kooperatif (cooperative Learning),dan prestasi belajar. Penelitian ini berjudul " Efektivitas penerapan metode pembelajaran field market dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Mulok di SMA Negeri 3 Banda Aceh". Salah satu di antara masalah besar dalam bidang pendidikan di Indonesia yang banyak diperbincangkan adalah rendahnya mutu pendidikan yang tercermin dari rendahnya rata-rata prestasi belajar peserta didik. Salah satu strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan memberikan kesempatan kepada guru untuk memecahkan masalah pelajaran dalam kelasnya secara profesional dan kolaboratif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : I. Kemarnpuan guru mengelola pembelajaran field market pada mata pelajaran Mulok. 2. Efektivitas penerapan metode pembelajaran field market dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1, SMA Negeri 3 Banda Aceh yang berjumlah 32 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskiptif kualitatif. Data yang diperoleh dengan menggunakan pedoman observasi dan penelitian tindakan kelas. Data hasil observasi dan penelitian tindakan kelas dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dengan skor rata-rata untuk mengetahui data tentang kemampuan guru mengelola metode pembelajaran field market, sedangkan untuk melihat tingkat kemampuan belajar siswa dianalisis dengan menggunakan tingkat penguasaan siswa. Hasil menunjukkan bahwa kemampuan guru mengelola pembelajaran field market pada mata pelajaran Mulok berkatagori baik dengan skor rata-rata 4,50 dan dari tes hasil belajar siswa menunjukkan bahwa tingkat penguasaan siswa cukup tinggi (87,28%) dan siswa sudah mencapai ketuntasan belajar 85% siswa dikelas sudah tuntas belajar. •

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE FIELD MARKET PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN ( PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SMA NEGERI 5 BANDA ACEH ) (Jihan Zanjabila, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI3 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Fitria Mustika, 2021)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REASONING AND PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMP NEGERI 1 TAMIANG HULU KABUPATEN ACEH TAMIANG (Ruasniati, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) PADA MATA PELAJARAN METODE DASAR MEMASAK DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (PENELITIAN PADA SISWA KELAS X BOGA'DI SMK NEGERI 3 BANDA ACEH) (Kaslaini Munthe, 2021)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR JPS SISWA KELAS VII-B SMPN 2 KUALASIMPANG (ERLINA WATI, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy