//

PENINGKATAN HASIL BELAJAR TRIGONOMETRI SISWA MELALUI METODE PROBLEM SOLVING DENGAN MENGGUNAKAN AUTOGRAPH DI KELAS X SMA NEGERI 8 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sulastri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci : trigonometri, metode problem solving, autograph Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang memegang peranan penting dalam pendidikan. Namun sampai saat ini hasil belajar matematika siswa Indonesia belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Hal ini disebabkan karena siswa sering mengalami kesulitan dalarn pembelajaran matematika khususnya trigonometri. Pada pembelajaran ini siswa seringkali dihadapkan pada materi yang abstrak dan di luar pengalaman sehari-hari sehingga salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengkongkritkan sesuatu adalah dengan visualisasi. Autograph merupakan software untuk tingkat menengah yang desainnya melibatkan tiga prinsip dalam belajar dan pembelajaran yakni fleksibel, berulang-ulang, dan menarik kesimpulan. Metode problem solving dengan menggunakan Autograph merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian yang berjudul "Peningkatan Hasil Belajar Trigonometri Siswa Melalui Metode Peroblem Solving Dengan Menggunakan Autograph di Kelas X SMA Negeri 8 Banda Aceh" ini mengangkat masalah apakah terdapat peningkatan hasil belajar trigonometri siswa melalui metode problem solving dengan menggunakan autograph. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar trigonometri siswa melalui metode problem solving dengan menggunakan autograph. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah pretest-posies group design. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen di kelas X-4 SMA Negeri 8 Banda Aceh. Pemilihan sampel dengan teknik sampel acak. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan teknik analisis data dengan statistik non parametrik uji Wilcoxon. Berdasarkan data analisis nilai pretest dan posttest siswa didapat bahwa sampel tidak berdistribusi normal. Maka untuk pengujian hipotesis menggunakan statistik non parametrik uji Wilcoxon satu-arah. Dengan taraf signifikan a = 0,05 dan n = 20 didapat harga Ttabel = 60 dan harga Thitung = 15. Karena Thitung < Ttabel maka Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar trigonometri siswa melalui metode problem solving dengan menggunakan autograph di kelas X SMA Negeri 8 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH DI SMA NEGERI 1 LHOKNGAPENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH DI SMA NEGERI 1 LHOKNGA (Ticaya, 2019)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII NEGERI 18 BANDA ACEH (Shelly Muslima, 2016)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM POSING PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013/ 2014 (Emilia, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Widya Mardiah, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERORIENTASI HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI MA NEGERI 2 BANDA ACEH (Resa Damayanti, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy