//

PENGUJIAN KUAT GESER TANAH DI JEMBATAN DESA JEUMPET AJUN KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syah Fira Riski - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini meliputi penyelidikan tanah dasar di sekitar Jempet Ajun Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar, Lokasi tersebut dipilih karena disekitar lokasi tersebut merupakan lokasi yang sering dilewati kendaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui parameter kuat geser tanah. Pengujian tanah dasar yang diambil dari lokasi dibawa ke laboratorium mekanika tanah Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini menggunakan sampel tanah terganggu (disturbed) dan tanah tidak tidak terganggu (undisturbed). Metode yang digunakan dalam penelitian ini, pengujian berat jenis, pengujian batas plastis, pengujian analisa saringan, dan pengujian geser langsung (direct shear). Berdasarkan sistem klasifikasi AASTHO dan tanah dasar di Desa Jeumpet Ajun Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar dikelompokkan dalam golongan A-7-6 sedangkan menurut klasifikasi USCS termasuk dalam golongan tanah lempung anorganik dengan plastisitas rendah sampai dengan sedang lempung berkerikil, lempung berpasir, lempung berlanau (CL). Hasil pengukuran batas plastis (PL) untuk sampel 1 diperoleh hasil yaitu 15,32% dan untuk sampel 2 15,40%. Nilai indeks plastis (PI) didapat dari selisih nilai batas cair dan batas plastis maka diperoleh untuk sampel 1 sebesar 27,69% dan untuk sampel 2 sebesar 29,68%. Dari hasil pengujian kuat geser didapatkan nilai kohesi (c) untuk sampel 1 0,399 kg/cm 2 dan untuk sampel 2 nilai kohesi (c) sebesar 0,360 kg/cm 2 dan nilai sudut geser (Ø) untuk sampel 1 yaitu 14,03 0 dan untuk nilai sudut geser (Ø) sampel 2 sebesar 17,22 0 . Analisa daya dukung pondasi dipakai rumus Terzaghi dalam menentukan perencanaan pondasi dangkal pada jembatan dihitung dengan cara menggunakan rumus pondasi memanjang dengan beban terbagi merata maka didapat hasil padal sampel 1 sebesar 28,74 t/m 2 dan sampel 2 sebesar 2 24,65 t/m . Kata kunci : Kuat Geser,Lempung,Sudut Geser.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI KONVERSI LAHAN PERTANIAN KE NON PERTANIAN (STUDI KASUS DI KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR) (SELFIA HENIKA, 2014)

PENGUJIAN KUAT GESER DAN ANALISIS DAYA DUKUNG TANAH PADA JEMBATAN LAMPREH KECAMATAN PEUKAN BADA ACEH BESAR (CUT NURUL FATA, 2021)

PENGUJIAN KUAT GESER TANAH DASAR PADA BANGUNAN AIR (TANGGUL SUNGAI) DI DESA BRAYEUN KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR (Puspa Cahyaning Pambudi, 2018)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGELUARAN RUMAH TANGGA PETANI DI KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (Faridah, 2020)

PENGUJIAN KUAT GESER TANAH PADA BANGUNAN EMBUNG DESA BHA ULEE TUTU KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN ACEH BESAR (Rizki Muliya, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy