//

RANCANG BANGUN PENGENDALIAN SUHU PADA ALAT PENGERING BELIMBING WULUH DENGAN MENGGUNAKAN PENGENDALI PID (PROPORTIONAL INTEGRAL DERIVATIVE)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MOHD. RAFLI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Belimbing Wuluh yang sudah melalui proses pengeringan dan penggaraman (Asam Sunti) merupakan suatu produk yang dijadikan sebagai bumbu dapur khas dari Aceh. Proses pengeringan dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi kadar air dari belimbing wuluh sesuai dengan kriteria dari asam sunti (memiliki berat akhir 30% dari berat awal). Namun proses pengeringannya masih menggunakan metode konvensional dengan pemanfaatan sinar matahari secara langsung. Pengeringan dengan metode tersebut dikatakan kurang efisien karena ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi seperti faktor cuaca dan waktu karena cahaya matahari yang didapatkan tidak 24jam. Oleh karena itu, sangat diperlukannya suatu alat yang dapat mengeringkan belimbing wuluh tanpa dipengaruhi oleh faktor-faktor yang disebutkan di atas. Namun pada penelitian sebelumnya, masih menggunakan metode control on-off sebagai pengendalinya yang membuat sistem tidak dapat stabil pada setpoint yang diberikan. Sehingga pada penelitian ini, dibuat sebuah alat yang dapat mengendalikan suhu secara otomatis dengan menggunakan PID Controller (Proportional-Integral-Derivative) sebagai pengendalinya yang akan mengendalikan pemanas agar suhu tetap stabil pada setpoint 45oC. Penelitian ini difokuskan pada merancang sebuah bangun ruang alat pengering yang dapat secara otomatis mengendalikan suhu stabil pada setpoint 45oC yang akan mengendalikan AC Light Dimmer dengan memperoleh data suhu dari sensor DHT22. Perancangan bangun ruang menggunakan pengendali PID ini telah berhasil dilakukan dengan menggunakan metode Tuning Ziegler Nichols. Sehingga diperoleh nilai parameter pengendali PID yaitu Kp=56,90, Ki=1,4975, dan Kd=540,6. Dengan demikian, setelah diterapkannya pengendali PID pada Mikrokontroller ATmega2560, sistem pengeringan belimbing wuluh memiliki respon yang dapat mempertahankan suhu stabil pada setpoint 45oC dengan rise time 13 menit, Overshoot 1,5%, steady state 29,3 menit, dan steady state error 0%, sehingga sistem dapat bekerja sangat baik pada setpoint 45oC serta dalam tahan terhadap gangguan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

RANCANG BANGUN PENGENDALIAN SUHU PADA ALAT PENGERING TEROWONGAN HOHENHEIM MENGGUNAKAN PENGENDALI PROPORTIONAL INTEGRAL DERIVATIVE (ARI RAHMAT PUTRA IBINA, 2021)

KAJI EKSPERIMENTAL PENGERING BELIMBING WULUH (AVERRHOA BILIMBI L) MENGGUNAKAN KOLEKTOR SURYA PELAT DATAR KACA GANDA (Fakhrurrazi, 2016)

UJI KINERJA ALAT PENGERINGAN ENERGI SURYA DENGAN PENAMBAHAN KINCIR ANGIN SAVONIUS UNTUK PENGERINGAN BELIMBING WULUH (AVERRHOA BILIMBI) (Mimi Kargita, 2017)

PERBANDINGAN BERBAGAI MODEL MATEMATIKA PADA PENGERINGAN LAPISAN TIPIS BELIMBING WULUH (AVERRHOA BILIMBI) (RIVAL ANDREA, 2019)

KARAKTERISTIK SEDIAAN BUBUK DAUN DAN SPRAY EKSTRAK DAUN BELIMBING WULUH (AVERRHOA BILIMBI L) SEBAGAI PEMBERSIH WAJAH (Fitria Helmi, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy