//

RANCANG BANGUN BUCK CONVERTER DENGAN OUTPUT VARIABLE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maidi Yari Andika - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini membahas perancangan buck converter untuk pembuatan prototipe back to back converter yang digunakan pada sistem konversi energi angin. Penelitian kali ini membahas mengenai perancangan prototipe back to back yang berfokus pada perancangan buck converter. Buck converter pada sistem back to back berfungsi sebagai penurun arus searah (DC) yang sebelumnya berupa arus bolak-balik (AC) dan sudah dirubah menjadi arus searah (DC) menggunakan rectifier. Perubahan ini bertujuan supaya buck converter dapat digunakan. Untuk mengatasi terjadinya perubahan tegangan keluaran dari generator pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) yang disebabkan oleh kecepatan angin yang tidak stabil. Maka dibutuhkan penguat eksitasi yang disuplai ke rotor supaya tegangan output generator tetap konstan meskipun angin yang bertiup tidak kencang. Dibutuhkan sensor tegangan yang akan mendeteksi tegangan keluaran pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) untuk mengetahui berapa besar penguat eksitasi yang akan disuplai kedalam rotor generator. Setelah data penguat eksitasi yang dibutuhkan diperoleh, maka buck converter akan menyuplai tegangan sesuai dengan nilai arus eksitasi yang dibutuhkan. Dengan menggunakan pengontrolan duty cycle pada rangkaian buck converter, maka tegangan yang masuk pada buck converter dapat turun sesuai dengan besaran duty cycle yang diatur. Kata kunci: Rectifier, Buck converter, Inverter, Duty Cycle, dan PLTB.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN LAMPU DC UNTUK APLIKASI PADA DC BUS (M.syamsu Rizal, 2017)

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN RANCANG BANGUN BALOK DI PAUD IT AL-FATIH KOTA BANDA ACEH (Dewi Wahyuni, 2016)

DESAIN PROTOTIPE POWER SUPPLY MODE SWITCHING TEGANGAN OUTPUT VARIABEL (IKHSAN SAPUTRA, 2020)

RANCANG BANGUN ALAT PENGIRIS BAWANG MENGGUNAKAN MOTOR LISTRIK (RIZKY KURNIAWAN TUMANGGER, 2019)

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI USULAN PANGKAT TENAGA AKADEMIK DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Anhar Fitria, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy