//

INVENTARISASI JENIS CAPUNG (ODONATA) DI STASIUN PENELITIAN SORAYA KAWASAN EKOSISTEM LEUSER

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ARIFAH YASMIN SAIDI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Capung (Odonata) tersebar mulai dari kawasan tropis hingga subtropis, dan sebaran jenis capung sangat dipengaruhi oleh tipe habitat. Capung menjadi objek yang sangat menarik untuk diteliti. Penelitian capung di Stasiun Penelitian Soraya telah dilakukan pada bulan Februari 2021, dengan tujuan untuk menginventarisasi jenis capung pada beberapa tipe habitat di Stasiun Penelitian Soraya, Kawasan Ekosistem Leuser dan menghitung nilai indeks ekologinya. Pengkoleksian sampel capung dilakukan pada tiga tipe habitat (hutan, semak dan sungai), dari pukul 09.00 sampai 15.00 wib, menggunakan jaring serangga. Masing-masing tipe habitat dipilih tiga titik lokasi yang berbeda. Selanjutnya, pada masing-masing lokasi ditentukan lima jalur transek dengan panjang masing-masing 100 m dan lebar 4 m. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 48 jenis capung berhasil diidentifikasi, umumnya termasuk katagori least concern, tiga belum diketahui dan satu jenis merupakan endangered spesies. Jumlah jenis dan jumlah individu capung yang ditemukan pada habitat hutan sebanyak 18 jenis dan 47 individu, selanjutnya pada habitat semak 23 jenis dan 178 individu, dan habitat sungai 31 jenis dan 199 individu. Famili Libellulidae mendominasi baik jumlah jenis (40%; 19 jenis) maupun jumlah individu (30%; 129 individu), terutama pada habitat semak. Nilai indeks keanekaragaman (H’) capung pada ketiga tipe habitat termasuk dalam kategori sedang, indeks dominansi jenis (C) rendah dan penyebaran individu yang merata dengan kesamaan jenis tertinggi terdapat pada habitat semak dan sungai sebesar 51%. Kata kunci: Capung Anisoptera dan Zygoptera, Stasiun Penelitian Soraya

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN ANGGREK (ORCHIDACEAE) DI STASIUN PENELITIAN SORAYA, KAWASAN EKOSISTEM LEUSER, SUBULUSSALAM (Putri Geubrina, 2020)

INVENTARISASI JENIS-JENIS KUMBANG DIURNAL DI STASIUN PENELITIAN SORAYA, KAWASAN EKOSISTEM LEUSER (KEL) (Muhammad Rizki, 2020)

INVENTARISASI KUMBANG TINJA (COLEOPTERA: SCARABAEIDAE) PADA FESES MAMALIA DI STASIUN PENELITIAN SORAYA, KAWASAN EKOSISTEM LEUSER (DELVIA ULVA DONA, 2020)

KEANEKARAGAMAN JENIS KUPU-KUPU PENGHISAP BUAH DI STASIUN PENELITIAN SORAYA, KAWASAN EKOSISTEM LEUSER (Aris Munandar, 2021)

KEANEKARAGAMAN DAN KELIMPAHAN JENIS KUPU-KUPU (RHOPALOCERA) PADA BEBERAPA TIPE HABITAT DI STASIUN PENELITIAN SORAYA, KAWASAN EKOSISTEM LEUSER (Sri Dewi Utami, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy