//

STUDI KERAPATAN MANGROVE SERTA KANDUNGAN C-ORGANIK DAN MINERAL (N, P, K) SEDIMEN DI DESA BEUREUNUT, KECAMATAN SEULIMUM, KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Renny Wulandari - Personal Name
SubjectMARINE BIOLOGY
MANGGROVES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kelautan dan perikanan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kerapatan mangrove, tekstur sedimen, kandungan C-organik, dan mineral (N, P, K) di Desa Beureunut, Kecamatan Seulimum. Analisa kandungan C-organik, mineral, dan tekstur sedimen di lakukan Laboratorium tanah, Fakultas Pertanian, Unsyiah pada bulanMaret 2014. Penentuan lokasi menggunakan metode purposive sampling dan metode pengambilan sampel tanah menggunakan core sampler, sedangkan analisis vegetasi mangrove dengan menggabungkan dua metode yaitu metode transek (transek method) dan metode kuadrat (quadrat method). Parameter yang di ukur dalam penelitian ini yaitu kerapatan mangrove, C-organik, tekstur sedimen dan mineral (N, P, K). Hasil pengamatan di tiga stasiun di Desa Beureunut ditemukan 5 jenis mangrove yang ditemukan yaitu Rhizophora apiculata, Xylocarpus granatum, Excoetaria algallocha, Acanthus ilicifolius, dan Pandanus odoratissima. Jenis mangrove yang mendominasi semua stasiun yaitu Rhizophora apiculatadan Xylocarpus granatum. Tekstur sedimen pada stasiun 1adalah pasir berlumpung, sedangkan stasiun 2 dan 3 adalah lempung berpasir. Kandungan C-organik dan N pada tekstur sedimen lempung berpasir diperoleh lebih tinggi dari tekstur sedimen pasir berlempung. Rerata kandungan C-organik pada penelitian ini adalah 0,63 % hingga 1,36 % dannilai N adalah 0,07 % hingga 0,13 %. Sedangkan kandungan mineral seperti P dan K yang terdapat di tiga lokasi sejalan dengan nilai kerapatan mangrove di setiap lokasi. Nilai P dan K diperoleh secara berturut-turut adalah berkisar antara 2,66 mg kg-1 - 5,55 mg kg-1 dan 0,12 cmol kg-1 - 0,32 cmol kg-1.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KIMIA SEDIMEN DI SEKITAR EKOSISTEM MANGROVE DESA LAMBADEUK KECAMATAN PEUKAN BADA (Saidatul Adhla, 2019)

DUGAAN SERAPAN KARBON PADA VEGETASI MANGROVE, DI KAWASAN MANGROVE DESA BEUREUNUT, KECAMATAN SEULIMUM, KABUPATEN ACEH BESAR (Crisna Akbar, 2015)

HUBUNGAN KANDUNGAN C-ORGANIK, N, P, DAN K PADA SUBSTRAT MANGROVE DENGAN SERASAH DAUN MANGROVE. KECAMATAN SEULIMUM, KABUPATEN ACEH BESAR (NURHAYATI, 2015)

ANALISIS DISTRIBUSI UKURAN BUTIRAN SEDIMEN PADA BEBERAPA LAHAN MANGROVE DI ACEH BESAR (ROSSY AZHAR, 2015)

PARTISIPASI MASYARAKAT DAN KONDISI EKOSISTEM MANGROVE DI KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Mulyana Sari, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy