//

PEMBUATAN MEMBRAN ADSORPSI POLIURETAN DARI RUMPUT LAUT MERAH: PENGARUH KONSENTRASI TOLUEN DIISOSIANAT (TDI) DAN BENZOIL PEROKSIDA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURUL KAMILA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Membran poliuretan (PU) telah dibuat dari rumput laut merah (Gracilaria sp.), minyak jarak, Toluene Diisocyanate (TDI) dan ditambahkan aditif benzoil peroksida (BPO) untuk meningkatkan kinerja membran. Membran diterapkan untuk penyerapan amonia dalam larutan. Analisis FT-IR menunjukkan adanya gugus fungsi N = C = O pada panjang gelombang 2276 cm-1 dan gugus fungsi O-H pada panjang gelombang 3373,50 cm-1 yang mengindikasikan telah terbentuk gugus uretan selama polimerisasi membran. Hasil SEM menunjukkan bahwa kondisi morfologi membran PU lebih terbuka setelah penambahan benzoil peroksida, dibandingkan dengan membran PU tanpa penambahan benzoil peroksida. Hasil DSC dan TGA menunjukkan stabilitas termal membran dengan penambahan benzoil peroksida. Hasil waktu kontak optimum yang diperoleh dari penyerapan amonia menggunakan membran PU yang ditambahkan aditif benzoil peroksida adalah 40 menit. Model isoterm yang dipilih adalah model isoterm Freundlich dengan nilai R2 = 0,946. Hasil adsorpsi menunjukkan kapasitas penyerapan membran PU tanpa aditif adalah 12,2 mg/g dan kapasitas penyerapan membran dengan penambahan aditif benzoil peroksida 0,01; 0,02 dan 0,03 gram masing-masing 12,7 mg/g, 12,8 mg/g dan 13,2 mg/g, yang menunjukkan bahwa penyerapan menggunakan membran PU dengan penambahan aditif BPO memiliki kinerja yang lebih baik daripada membran tanpa penambahan aditif BPO. Disimpulkan bahwa membran PU-benzoil peroksida dapat digunakan sebagai metode alternatif penyerapan amonia dalam larutan. Kata kunci: membran poliuretan (PU), benzoil peroksida, adsorpsi, amonia, isoterm

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBUATAN ELEKTRODA SELEKTIF ION CR3+ BERBASIS MEMBRAN POLIURETAN BERBAHAN AKTIF 1,10-FENANTROLIN (Ulul Albab, 2021)

SINTESIS BUSA POLIURETAN TERMODIFIKASI KITOSAN UNTUK ADSORPSI LOGAM MERKURI (MUHAMMAD IQHRAMMULLAH, 2018)

PENGARUH KONSENTRASI ZEOLIT TERHADAP KINERJA MEMBRAN ADSORPSI POLIURETAN BERBASIS LUMUT PERAIRAN TAMBAK DAN METILEN-4,4'-DIFENIL DIISOSIANAT (MUTIA ELVITIANA, 2019)

SINTESIS DAN KARAKTERISASI MEMBRAN POLIURETAN BERBASIS MINYAK BIJI ALPUKAT (AVOCADO SEED OIL) DAN HEKSAMETILEN-1,6-DIISOSIANAT (HMDI) (Fitriani, 2016)

SINTESIS DAN KARAKTERISASI MEMBRAN POLIURETAN BERBASIS MINYAK BIJI KARET (RUBBER SEED OIL) DAN HEKSAMETILEN-1,6-DIISOSIANAT (Salfauqi Nurman, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy