PENGEMBANGAN RUANG PARKIR DALAM MENGOPTIMALKAN RUANG TERBUKA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGEMBANGAN RUANG PARKIR DALAM MENGOPTIMALKAN RUANG TERBUKA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH ACEH


Pengarang

HABIB SYUKRI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1609200060082

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Parkir adalah suatu tempat yang penting sebagai fasilitas pendukung untuk meletakkan kendaraan orang yang berkegiatan di dalam suatu kawasan terutama di kawasan pendidikan. Oleh karena itu, ketersediaan lahan parkir sangat penting untuk memfasilitasi pengguna kendaraan yang datang ke suatu tempat untuk melakukan aktivitas. Universitas Muhammadiyah Aceh yang berlokasi di Kota Banda Aceh adalah salah satu institusi pendidikan dengan aktivitas perkuliahan yang tidak terlepas dari banyaknya kendaraan yang digunakan oleh pengunjung Universitas Muhammadiyah Aceh, akibatnya menimbulkan dampak terhadap penyediaan lahan parkir dan kelancaran pergerakan di kampus tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa ketersediaan kebutuhan lahan parkir di kawasan Universitas Muhammadiyah Aceh untuk 5 tahun kedepan, serta mengetahui bagaimana persepsi pengguna parkir tentang manajemen parkir di kampus UNMUHA dan merencanakan kebutuhan ruang parkir di kawasan terbuka hijau dan kawasan gedung perkuliahan untuk melayani para penggunan kendaraan. Hasil desain dan implementasi untuk gedung parkir pada basemen dan lantai 1 diketahui total ruang parkir sebesar 1110 SRP dengan rincian 110 SRP untuk kendaraan roda 4 yang terletak pada basemen dan 1000 SRP untuk kendaraan roda 2 yang terdapat pada gedung lantai 1. Sedangkan hasil analisis kebutuhan ruang parkir, diketahui dibutuhkan 672 SRP (569 SRP untuk kendaraan roda 2 dan 103 SRP untuk roda 4). Dari kedua hasil analisis diketahui, hasil desain dan implementasi memiliki surplus ruang parkir sebesar 438 SRP (431 SRP untuk kendaraan roda 2 dan 7 untuk kendaraan roda 4), kondisi ini dapat didefinisikan bahwa hasil desain dan implementasi mampu memenuhi hasil analisis kebutuhan ruang parkir pada Universitas Muhammadiyah Aceh. Dari jawaban responden dapat disimpulkan bahwa kedua kategori responden merasa tidak nyaman dengan kondisi parkir di kawasan ini, terutama manajemen perparkirannya.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK