ANALISIS PERSPEKTIF PASIEN TERHADAP KEPATUHAN PELAYANAN DI RUMAH SAKIT SYARIAH KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS PERSPEKTIF PASIEN TERHADAP KEPATUHAN PELAYANAN DI RUMAH SAKIT SYARIAH KOTA BANDA ACEH


Pengarang

NADA MUSFIRAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1701104010053

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Islam (S1) / PDDIKTI : 60202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif pasien terhadap kepatuhan pelayanan di rumah sakit syariah Kota Banda Aceh dan pelayanan di rumah sakit syariah Kota Banda Aceh. pelayanan dengan prinsip-prinsip syariah mengedepankan nilai-nilai maqashid syariah yang mengacu pada penjagaan agama, jiwa, akal, keturunan dan harta. Penelitian ini dilakukan dengan desain penelitian analisis deskriptif kualitatif dengan unit analisis RSUD dr. Zainoel Abidin dan RSUD Meuraxa sebagai rumah sakit yang tersertifikasi syariah di Kota Banda Aceh. pengambilan data dilakukan secara prospektif kepada sejumlah 200 pasien rawat inap dan rawat jalan di rumah sakit syariah Kota Banda Aceh dalam kurun waktu Juni 2020 – Maret 2021 dengan penyebaran kuesioner dan pengamatan langsung. Dari hasil penelitian diketahui bahwa perspektif pasien terhadap kepatuhan pelayanan di rumah sakit syariah Kota Banda Aceh sudah memenuhi standar dan sertifikasi sesuai ketetapan Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (MUKISI) dan fatwa DSN-MUI No. 107/DSN-MUI/X/2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Rumah Sakit Berdasarkan Prinsip Syariah, serta surat keputusan DSN-MUI No. KEP-13/DSN-MUI/III/2017 tentang Standar & Instrumen Sertifikasi Rumah Sakit Syariah Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia, yang meliputi pelaksanaan pelayanan pasien, bimbingan rohani, pengurusan jenazah, obat-obatan, makanan dan minuman, serta ketersediaan air bersih. Secara umum, pelayanan di rumah sakit syariah Kota Banda Aceh sudah terlaksana dengan baik. Namun, ada beberapa indikator pelayanan yang harus ditingkatkan lagi.
Kata Kunci: Pelayanan, Maqashid Syariah, Rumah Sakit Syariah.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK