//

ANALISIS PERSPEKTIF PASIEN TERHADAP KEPATUHAN PELAYANAN DI RUMAH SAKIT SYARIAH KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NADA MUSFIRAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif pasien terhadap kepatuhan pelayanan di rumah sakit syariah Kota Banda Aceh dan pelayanan di rumah sakit syariah Kota Banda Aceh. pelayanan dengan prinsip-prinsip syariah mengedepankan nilai-nilai maqashid syariah yang mengacu pada penjagaan agama, jiwa, akal, keturunan dan harta. Penelitian ini dilakukan dengan desain penelitian analisis deskriptif kualitatif dengan unit analisis RSUD dr. Zainoel Abidin dan RSUD Meuraxa sebagai rumah sakit yang tersertifikasi syariah di Kota Banda Aceh. pengambilan data dilakukan secara prospektif kepada sejumlah 200 pasien rawat inap dan rawat jalan di rumah sakit syariah Kota Banda Aceh dalam kurun waktu Juni 2020 – Maret 2021 dengan penyebaran kuesioner dan pengamatan langsung. Dari hasil penelitian diketahui bahwa perspektif pasien terhadap kepatuhan pelayanan di rumah sakit syariah Kota Banda Aceh sudah memenuhi standar dan sertifikasi sesuai ketetapan Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (MUKISI) dan fatwa DSN-MUI No. 107/DSN-MUI/X/2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Rumah Sakit Berdasarkan Prinsip Syariah, serta surat keputusan DSN-MUI No. KEP-13/DSN-MUI/III/2017 tentang Standar & Instrumen Sertifikasi Rumah Sakit Syariah Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia, yang meliputi pelaksanaan pelayanan pasien, bimbingan rohani, pengurusan jenazah, obat-obatan, makanan dan minuman, serta ketersediaan air bersih. Secara umum, pelayanan di rumah sakit syariah Kota Banda Aceh sudah terlaksana dengan baik. Namun, ada beberapa indikator pelayanan yang harus ditingkatkan lagi. Kata Kunci: Pelayanan, Maqashid Syariah, Rumah Sakit Syariah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MEKANISME PELAYANAN DAN PENERTIBAN PASIEN BPJS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Nasruddin, 2018)

PENERAPAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL RUMAH SAKIT SYARI’AH DI RUMAH SAKIT UMUM (RSU) KOTA BANDA ACEH (AZHARI, 2018)

STUDI FENOMENOLOGI KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUMAH SAKIT UMUM KOTA BANDA ACEH (WARDAH, 2020)

GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN KOTA BANDA ACEH (Fara Fatika, 2017)

ANALISIS HUBUNGAN PENERAPAN KONSEP PELAYANAN KESEHATAN BERBASIS ISLAMI DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN (Susi Mahdalena, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy