MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DI SMPN 3 BIREM BAYEUN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DI SMPN 3 BIREM BAYEUN


Pengarang

HENNY JULIANA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1706203020035

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S2) / PDDIKTI : 84102

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Henny Juliana. (2021). Meningkatkan Kemampuan komunikasi matematis Dan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Di SMPN 3 Birem Bayeun.
Kemampuan komunikasi matematis siswa SMPN 3 Birem Bayeun masih rendah dan siswa tidak aktif dalam proses kegiatan belajar dikelas. Oleh karena itu peneliti berkeinginan melaksanakan penelitian untuk meningkatkan komunikasi matematis dan keaktifan siswa pada materi perbandingan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) di SMPN 3 Birem Bayeun. Tujuan dalam penelitian adalah Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada meteri perbandingan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) di SMPN 3 Birem Bayeun. Meningkatkan keaktifan siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) pada meteri perbandingan di SMPN 3 Birem Bayeun. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMPN Negeri 3 Birem Bayeunyang berjumlah 23 orang, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan serta 1 orang guru sebagai pengamat. Instrument penelitian yang digunakan tes, observasi aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan siklus I sebesar 68,75% (cukup), pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 75,80% (baik) dan siklus III sebesar 90% (sangat baik), siklus I sebesar 52% (cukup), dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 80% (baik) dan pada siklus III sebesar 88,75% (sangat baik), siklus I sebesar 56,52% (cukup), dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 73,91% (baik) dan pada siklus III mendapatkan ketuntasan sebesar 86,96% (sangat baik). Keaktifan siswa berkembang dengan baik dari siklus I hingga siklus III. Pada siklus I, nilai yang dicapai hanya 64,13%. Pada siklus II mengalami peningkatan lebih baik yaitu 70,29% dan pada siklus III mencapai nilai 86,23%.


Kata Kunci : Kemampuan komunikasi matematis, Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW)

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK