//

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DI SMPN 3 BIREM BAYEUN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HENNY JULIANA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Henny Juliana. (2021). Meningkatkan Kemampuan komunikasi matematis Dan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Di SMPN 3 Birem Bayeun. Kemampuan komunikasi matematis siswa SMPN 3 Birem Bayeun masih rendah dan siswa tidak aktif dalam proses kegiatan belajar dikelas. Oleh karena itu peneliti berkeinginan melaksanakan penelitian untuk meningkatkan komunikasi matematis dan keaktifan siswa pada materi perbandingan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) di SMPN 3 Birem Bayeun. Tujuan dalam penelitian adalah Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada meteri perbandingan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) di SMPN 3 Birem Bayeun. Meningkatkan keaktifan siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) pada meteri perbandingan di SMPN 3 Birem Bayeun. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMPN Negeri 3 Birem Bayeunyang berjumlah 23 orang, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan serta 1 orang guru sebagai pengamat. Instrument penelitian yang digunakan tes, observasi aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan siklus I sebesar 68,75% (cukup), pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 75,80% (baik) dan siklus III sebesar 90% (sangat baik), siklus I sebesar 52% (cukup), dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 80% (baik) dan pada siklus III sebesar 88,75% (sangat baik), siklus I sebesar 56,52% (cukup), dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 73,91% (baik) dan pada siklus III mendapatkan ketuntasan sebesar 86,96% (sangat baik). Keaktifan siswa berkembang dengan baik dari siklus I hingga siklus III. Pada siklus I, nilai yang dicapai hanya 64,13%. Pada siklus II mengalami peningkatan lebih baik yaitu 70,29% dan pada siklus III mencapai nilai 86,23%. Kata Kunci : Kemampuan komunikasi matematis, Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DI SMP POS KEADILAN PEDULI UMAT ACEH BESAR (Uci Mahlisa, 2018)

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (Sulastri, 2013)

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEYAKINAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) (Indah Suryawati, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA MATERI ALJABAR YANG MELIBATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA KELAS VII MTSN KUTA BARO ACEH BESAR (Fadhilah Ladia, 2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (HUSNA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy