//

PERBANDINGAN STATUS GIZI BAYI USIA 6-12 BULAN YANG MENDAPAT ASI EKSKLUSIF DAN ASI NON EKSKLUSIF DI PUSKESMAS DARUSSALAM ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Bemi Oksi Putri - Personal Name
SubjectLACTATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pemberian ASI secara eksklusif dapat meningkatkan status gizi bayi. Peningkatan status gizi merupakan salah satu upaya penting dalam meningkatkan kesehatan bayi, menurunkan angka kematian bayi serta meningkatkan kemampuan tumbuh kembang fisik, mental dan sosial anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan status gizi bayi usia 6-12 bulan yang mendapat ASI eksklusif dan yang mendapat ASI non eksklusif. Penelitian ini merupakan penelitian studi perbandingan dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan selama bulan Februari 2012. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terhadap responden dengan menggunakan kuesioner dan penimbangan berat badan serta pengukuran tinggi badan. Didapatkan 50 orang bayi usia 6-12 bulan. Hasil uji statistik dengan menggunakan uji Mann-Whitney menunjukkan ada perbedaan (p < 0,05) status gizi antara bayi yang mendapat ASI eksklusif dan yang mendapat ASI non eksklusif (p = 0,000). Uji rasio prevalensi pemberian ASI terhadap status gizi malnutrisi didapatkan nilai 16,000. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan status gizi bayi usia 6-12 bulan yang mendapat ASI ekslusif dan yang mendapat ASI non ekslusif dan bayi yang diberi ASI non eksklusif berpeluang 16 kali untuk menderita malnutrisi daripada bayi yang diberi ASI eksklusif. Kata Kunci: bayi, status gizi, ASI eksklusif, ASI non eksklusif

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN PERKEMBANGAN BAYI YANG MENDAPAT ASI EKSKLUSIF DAN NON EKSKLUSIF USIA 6-12 BULAN DI PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH (RAHMI, 2015)

HUBUNGAN PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI DENGAN STATUS GIZI BAYI USIA 7 – 12 BULAN DI POSYANDU PUSKESMAS SINGKILRNKABUPATEN ACEH SINGKIL (Anna Mirah Putri, 2015)

PERBANDINGAN KEJADIAN ISPA PADA ANAK YANG PERNAH MENDAPAT ASI EKSKLUSIF DAN YANG TIDAK MENDAPAT ASI EKSKLUSIF DI PUSKESMAS KOPELMA DARUSSLAM BANDA ACEH (Roziyanti, 2014)

PEMANTAUAN STATUS GIZI PADA BAYI BERUSIA 6-12 BULAN PASCA PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI KECAMATAN LEUPUNG KABUPATENRNACEH BESAR (Aulya Ida Andriani, 2015)

HUBUNGAN JENIS PEMBERIAN MP-ASI DENGAN STATUS GIZI ANAK USIA 6-12 BULAN DI PUSKESMAS DARUL KAMAL KABUPATEN ACEH BESAR (Yusra, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy