PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR JPS SISWA KELAS VLL.3 SMP NEGERI I LANGSA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR JPS SISWA KELAS VLL.3 SMP NEGERI I LANGSA


Pengarang

YUSRAINI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006101140082

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata kunci :Pembelajaran Kooperatif, Tipe Think Pair and Share, Prestasi Belajar.



Penelitian yang berjudul "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Think Pair And Share untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VII3 SMP Negeri 3 Langs", ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif type think pair and share, Serta untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif type think pair and share. Metode yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tiga siklus. Dari hasil obsevasi awal dari penelitian ini penulis menemukan bahwa siswa kelas VIL3 SMP Negeri 3 Langsa mendapat kesulitan untuk menguasai konsep pembelajaran IPS Hal ini ditunjukkan dan hasil tes yang tergambar pada siswa saat dilakukan tes, baru 30% yang mendapat nilai 75 yang merupakan KKM, sementara 21 siswa atau 70% masih belum mencapai KKM. Adapun Hipotesa tindakan penehitian ini adalah bahwa : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thunk Pair and Share dapat meningkatkan pretasi belajar siswa dalam pembelayaran IPS Dari hasil tes yang diperoleh siswa pada siklus I ketuntasan belajar siswa sebesar 33%, siklus II sebesar 63% dan siklus III sebesar 93% 1ni menggambarkan bahwa setiap siklus mengalami pemmngkatan ketuntasan belajar siswa. Disamping tu pula nilai hasi tes rata-rata s1swa Juga mengalami penmngkatan pada setap siklusnya. Pada siklus I mla rata-rata siswa sebesar 66, siklus ke II sebesar 73,5 dan pada siklus ke II mencapat nilai rata-rata sebesar 84.5 Kesmmpulan dan hasil penelitian int adalah Bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share berhasil dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK