//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR JPS SISWA KELAS VLL.3 SMP NEGERI I LANGSA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YUSRAINI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci :Pembelajaran Kooperatif, Tipe Think Pair and Share, Prestasi Belajar. Penelitian yang berjudul "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Think Pair And Share untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VII3 SMP Negeri 3 Langs", ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif type think pair and share, Serta untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif type think pair and share. Metode yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tiga siklus. Dari hasil obsevasi awal dari penelitian ini penulis menemukan bahwa siswa kelas VIL3 SMP Negeri 3 Langsa mendapat kesulitan untuk menguasai konsep pembelajaran IPS Hal ini ditunjukkan dan hasil tes yang tergambar pada siswa saat dilakukan tes, baru 30% yang mendapat nilai 75 yang merupakan KKM, sementara 21 siswa atau 70% masih belum mencapai KKM. Adapun Hipotesa tindakan penehitian ini adalah bahwa : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thunk Pair and Share dapat meningkatkan pretasi belajar siswa dalam pembelayaran IPS Dari hasil tes yang diperoleh siswa pada siklus I ketuntasan belajar siswa sebesar 33%, siklus II sebesar 63% dan siklus III sebesar 93% 1ni menggambarkan bahwa setiap siklus mengalami pemmngkatan ketuntasan belajar siswa. Disamping tu pula nilai hasi tes rata-rata s1swa Juga mengalami penmngkatan pada setap siklusnya. Pada siklus I mla rata-rata siswa sebesar 66, siklus ke II sebesar 73,5 dan pada siklus ke II mencapat nilai rata-rata sebesar 84.5 Kesmmpulan dan hasil penelitian int adalah Bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share berhasil dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DI KELAS IV SDN UJONG KUTA (Murni Asdar, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA PADA MATERI PARTISIPASI DALAM USAHA PEMBELAAN NEGARA DI KELAS IX SMP NEGERI 2 RANTAU SELAMAT (Jamilah, 2013)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN TIPE CHANGE OF PAIRS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IS DI SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (FAHMI RIJA ARHAS, 2018)

KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELANGKAAN SUMBER DAYA EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)RNDI SMP NEGERI 1 PANGA (Nurdiana, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI PERBANDINGAN RNDI KELAS VII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (LISA RAMADHANI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy