HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN COVID-19 (PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN COVID-19 (PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA)


Pengarang
Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1713101010040

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran Gigi / Pendidikan Dokter Gigi (S1) / PDDIKTI : 12201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Coronavirus disease 2019 (COVID-19) merupakan penyakit yang disebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Corona Virus 2 (SARS-CoV2). Virus ini dapat ditularkan dari manusia ke manusia lainnya melalui droplet pernapasan orang yang terinfeksi, melalui permukaan benda yang terkontaminasi virus dan kemungkinan penyebaran melalui udara pada ruangan yang ramai dengan ventilasi udara yang kurang memadai. Upaya pencegahan penularan COVID-19 dapat dilakukan dengan meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku pencegahan oleh masyarakat, termasuk mahasiswa kedokteran gigi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan perilaku pencegahan COVID-19 pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala. Metode penelitian yang digunakan adalah analitik observasional dengan desain cross sectional study. Subjek diambil dengan menggunakan teknik consecutive sampling dengan jumlah subjek sebanyak 153 orang. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner online (google form). Penelitian ini menunjukan jumlah mahasiswa kedokteran gigi yang memiliki pengetahuan baik sebesar 47,1%, sikap yang baik sebanyak 90,2% dan perilaku pencegahan COVID-19 yang baik sebesar 68,6%. Hasil uji korelasi spearman menunjukan ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan perilaku pencegahan COVID-19 pada mahasiswa kedokteran gigi (p = 0,000, r = 0,302) dan terdapat hubungan yang signifikan antara sikap dengan perilaku pencegahan COVID-19 (p = 0,001, r = 0,263). Kesimpulan dari penelitian ini adalah mahasiswa kedokteran gigi memiliki tingkat pengetahuan, sikap dan perilaku penegahan COVID-19 yang baik, serta adanya hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan perilaku pencegahan COVID-19.


Kata kunci : Pengetahuan, Sikap, Perilaku, COVID-19, Mahasiswa kedokteran gigi

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK