//

ANALISA TERHADAP PENGEMBANGAN KREATIVITAS INDUSTRI RUMAH TANGGA PENGRAJIN ROTAN DI GAMPONG LAMGABOH ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Supri Yanti - Personal Name

Abstrak/Catatan

Industri rumah tangga merupakan suatu peluang yang mulai bermuculan dengan era sekarang karena semakin sempitnya lapangan kerja yang tersedia. Industri semacam ini dapat dikelola oleh orang-orang yang memiliki hubungan kekerabatan. Modal yang dibutuhkan usaha ini sedikit dan alat-alat yang digunakan bersifat manual. Salah satu industri rumah tangga yang ada di kabupaten Aceh Besar terdapat di kecamatan Lhokga yaitu industri rumah tangga pengrajin rotan yang terletak di Gampong Lamgaboh usaha pengolahan kerajinan rotan di desa lamgaboh sudah ada sejak tahun 1990. Teori yang digunakan adalah teori tindakan sosial Max Weber yang berfokus pada Zwerk Rational, Werk Rational dan traditional action. Dengan teori ini dapat menganalisis tentang strategi pengrajin rotan dalam mempertahankan industri di kondisi rotan yang tidak selalu ada di gampong Lamgaboh. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Teknik pemilihan informan yang di gunakan ialah teknik purposive sampling dengan jumlah 8 informan. Metode pengumpulan data yang di gunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa strategi pengrajin rotan dalam mempertahankan industri di kondisi bahan baku tidak selalu ada yaitu penelitian ini menunjukkan bahwa pentingnya peran jaringan sosial didalam menjalankan usaha industri rotan, melalui jaringan sosial dengan kerja sesama pengusaha industri rotan Pengrajin membeli produk rotan yang dibutuhkan dari pengrajin rotan yang lain, jaringan dengan pemasok bahan baku, pengrajin rotan di saat ada orang yang menjual bahan baku rotan asli tetap selalu membelinya untuk menyediakan stok penyimpanan dan di saat bahan baku rotan asli sama sekali tidak ada baru pengrajin membeli rotan metrik untuk menggantikan bahan baku rotan asli, tetapi disaat rotan asli sudah ada pengrajin tetap menggunakan rotan asli karena rotan asli lebih murah harganya dan kualitasnya lebih bagus dan tahan lama.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KONTRIBUSI USAHA INDUSTRI RUMAH TANGGA KERAJINAN ROTAN TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA PENGRAJIN ROTAN DI KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (HERRY KURNIAWAN, 2015)

STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA KERA.JINAN ROTAN DI DESA KUEH KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (Sri Haryana, 2021)

PERAN PEREMPUAN PENGRAJIN ROTAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA DI GAMPONG LAMGABOH, LHOKNGA (Maizullaili, 2018)

STUDI APLIKASI KONSEP ECO-DESIGN PADA PENGEMBANGAN PRODUK KERAJINAN ROTAN DI KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (Novrian Akmal, 2016)

PENGELOLAAN USAHA KERAJINAN ROTAN DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA (Niazah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy