//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATERI TURUNAN FUNGSI DI KELAS XI MAN DARUSSALAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Misbahul Jannah - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
TALKING STICK TYPE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick, turunan fungsi, hasil belajar. Rendahnya kemampuan siswa selama ini diduga dipengaruhi oleh kurangnya motivasi dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu penyebab siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran yaitu karena guru masih menerapkan metode konvensional. Oleh karena itu dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif, yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick. Talking Stick merupakan suatu model pembelajaran yang berorientasi pada penciptaan kondisi dan suasana belajar aktif dari siswa. Penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick pada Materi Turunan Fungsi di Kelas XI MAN Darussalam Tahun Peajaran 2013/2014” ini mengangkat masalah “apakah hasil belajar siswa kelas XI MAN Darussalam melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada materi turunan dapat mencapai ketuntasan?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa kelas XI MAN Darussalam melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada materi turunan fungsi dapat mencapai ketuntasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN Darussalam yang berjumlah 146 orang. Sedangkan sampelnya adalah siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 22 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes hasil belajar dan pengolahan data menggunakan rumus statistik uji wilcoxon. Dari hasil analisis nilai tes akhir siswa diperoleh T_hitung = 69,5. Berdasarkan nilai signifikan 0,05 dan n = 22 diperoleh T_tabel= 75. Dengan demikian harga T_hitung< T_tabel. Oleh karena itu harga T_hitung< T_tabel berada pada daerah penolakan hipotesis Ho. Ditolaknya Ho menunjukkan Hipotesis Ha diterima yaitu “hasil belajar siswa kelas XI MAN Darussalam melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada materi turunan fungsi dapat mencapai ketuntasan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATERI KOLOID DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (NURRIZQA, 2021)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATERI MINYAK BUMI PADA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Sri Ninta Br Sinulingga, 2014)

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Rahmi Yulis, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 3 LAWE SIGALAGALA ACEH TENGGARA TAHUN AJARAN 2012-2013 (lebe berkat, 2014)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR (Nori Arjuliadi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy