//

PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TURUNAN DI KELAS XI IPA MAN DARUSSALAM TAHUN AJARAN 2013/2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syazarwani - Personal Name
SubjectALGEBRA
MATHEMATICS-STUDY AND TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kata kunci : Proses Berpikir Konseptual, Proses Berpikir Prosedural dan Materi Turunan Fungsi Aljabar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa pengajaran disekolah lebih berorientasi pada pandangan bahwa matematika sebagai produk berpikir, dan kurang memberi perhatian serius pada proses berpikir itu sendiri, padahal siswa yang menjawab benar soal yang diberikan belum tentu memahami serta menggunakan konsep yang diharapkan dari soal. Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan guru dan siswa XI IPA MAN Darussalam salah satu materi yang sulit dipahami adalah materi turunan. Berdasarkan pengalaman lapangan dalam pembelajaran dikelas sering dimulai dari pemberian definisi atau konsep, memahami konsep dengan contoh-contoh kemudian dengan memecahkan persoalan matematika, sehingga siswa cenderung menghafal sebuah pola atau algoritma yang diajarkan guru. Rumusan masalah untuk penelitian ini adalah bagaimana proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal turunan di kelas XI IPA MAN Darussalam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal-soal turunan. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data kualitatif yang didapat dari hasil wawancara yang didahului dengan tes. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 MAN Darussalam yang berjumlah 22 orang. Dari hasil tes diduga 10 orang siswa (45.45%) yang memiliki proses berpikir konseptual dan 12 orang siswa(54.55%) yang memiliki proses berpikir prosedural. Selanjutnya peneliti mengambil 4 orang untuk diwawancarai yaitu 2 diduga konseptual dan 2 prosedural. Berdasarkan hasil analisis data bahwa 2 subjek (S09 dan S10 ) memiliki ciri-ciri proses berpikir konseptual dan dua subjek (S20 da S11) memiliki ciri-ciri proses berpikir prosedural.Rata-rata subjek yang memiliki konseptual hasil tes yang didapat tinggi. Sedangkan subjek yang prosedural hasil tes mereka rendah.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSES BERPIKIR SISWA SECARA KONSEPTUAL DAN SEKUENSIAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL TURUNAN FUNGSI TRIGONOMETRI DI KELAS XII SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM (Elvira Agustina, 2014)

KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Muhibbul Khairi, 2015)

KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA TRENDS INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY (TIMSS) DI KELAS V SD NEGERI 51 BANDA ACEH (DELISMA SIREGAR, 2019)

ANALISIS VALIDITAS DAN RELIABILITAS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER II (GENAP) BUATAN GURU MATA PELAJARAN FISIKA DI KELAS X SMA NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013/2014 (Agustina, 2014)

PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING (HOT) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI). (ORIZA HANUM, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy