DETEKSI JUMLAH CEMARAN BAKTERI PADA CUMI- CUMI KERING ASIN YANG DIJUAL DI PASAR PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

DETEKSI JUMLAH CEMARAN BAKTERI PADA CUMI- CUMI KERING ASIN YANG DIJUAL DI PASAR PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH


Pengarang

YOLLA DWI FALY - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1502101010201

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran Hewan / Pendidikan Kedokteran Hewan (S1) / PDDIKTI : 54261

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

579.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

DETEKSI JUMLAH CEMARAN BAKTERI PADA CUMI-CUMI
KERING ASIN YANG DIJUAL DI PASAR PEUNAYONG
KOTA BANDA ACEH
ABSTRAK
Cumi-cumi kering asin merupakan cumi-cumi olahan yang banyak diproduksi oleh nelayan. Pemberian garam berlebih sebagai pengawet pada olahan cumi kering asin ini, masih banyak dijumpai bakteri pembusuk. Bakteri pembusuk yang mampu hidup dan merusak olahan cumi-cumi tersebut yaitu kelompok bakteri heterotoleran dan kelompok bakteri halofilik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi jumlah cemaran bakteri pada cumi-cumi kering asin dan mengetahui keamanan cumi-cumi kering asin ini untuk dikonsumsi dilihat dari Standar Nasional Indonesia (SNI). Sebanyak 10 sampel cumi-cumi kering asin diperoleh dari 10 pedagang di pasar Peunayong Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan untuk menghitung jumlah bakteri pada cumi-cumi kering asin menggunakan metode hitung cawan / Total Plate Count (TPC) dengan cara metode tuang / pour plate method dengan mengacu pada nilai SNI 01-7388-2009. Data yang diperoleh dianalisis secara Deskriptif. Jadi, hasil penelitian ini menunjukan jumlah bakteri pada cumi-cumi kering asin ke semua sampel melebihi dari Standar Nasional Indonesia (SNI), yaitu melebihi 1 × 105 koloni / g.
Kata Kunci: Bakteri halofilik, bakteri hetelotoleran, sanitasi, higienis.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK