//

PERBANDINGAN AKURASI KLASIFIKASI KUESIONER 9-ITEMS INTERNET GAMING DISORDER DAN 7-ITEMS INDONESIAN ONLINE GAME ADDICTION MENGGUNAKAN METODE KLASIFIKASI DATA MINING

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zulikram Zainuddin - Personal Name

Abstrak/Catatan

Game online dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah Massive Multiplayer Online Games Role Playing Game (MMORPG). Secara umum, game MMORPG termasuk kepada jenis game massively multiplayer online (MMO). Game MMO sering kali terkait dengan Internet Gaming Disorder (IGD). Kecanduan game role-playing online adalah salah satu aspek yang paling banyak dibahas dalam cyberpsychology baru-baru ini, terutama karena dampak negatifnya yang potensial terhadap kehidupan sosial kaum muda. Kecanduan game (gaming disorder) dapat diuji menggunakan kuesioner. Untuk saat ini ada banyak kuesioner yang bisa digunakan untuk menentukan tingkat kecanduan game dari seseorang. Salah satu penelitian yang terbaru adalah penelitian yang dilakukan oleh Lemmens S. Jeroen yaitu kuesioner 9-items IGD dan 27-items IGD. Kuesioner 9-items IGD sudah menyediakan ukuran yang valid dan dapat diandalkan dengan akurasi diagnostik yang baik yang dapat digunakan untuk tujuan penelitian dan diagnostik gaming disorder di antara gamer pria dan wanita dari segala usia. Kemudian terdapat juga kuesioner peneliti asal Indonesia Tjibeng Jap yang membuat kuesioner 7-items Indonesian Online Game Addiction. Kuesioner 7-items Indonesian Online Game Addiction memiliki bukti psikometri yang dapat diterima untuk penelitian tentang kecanduan game online di kalangan siswa sekolah Indonesia. Penelitian ini mencoba untuk membelajarkan data hasil dari kuesioner pada beberapa metode klasifikasi data mining dengan tujuan untuk melihat metode klasifikasi mana yang paling baik untuk digunakan pada masing-masing kuesioner. Sampel pada penelitian ini ialah pelajar SMA negeri di kota Banda Aceh yang terdiri dari 360 pelajar yang mengisi kedua kuesioner. Dari hasil klasifikasi menggunakan aplikasi WEKA, didapati metode klasifikasi Support Vektor Machine menjadi metode klasifikasi terbaik untuk digunakan pada data hasil dari kuesioner 9-items internet gaming disorder dengan akurasi sebesar 96,2%. Sedangkan pada data hasil kuesioner 7-items online game addiction, metode klasifikasi terbaik adalah metode Naive Bayessian dengan akurasi sebesar 94,4%. Dari hasil ini, dapat disimpulkan metode klasifikasi data mining memiliki hasil yang baik untuk mempelajari data yang dikeluarkan oleh kuesioner 9-items internet gaming disorder dan 7-items online game addiction. Kata kunci : Internet gaming disorder, metode klasifikasi data mining, 9-Items internet gaming disorder, 7-Items online game addiction

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KECENDERUNGAN INTERNET GAMING DISORDER PADA REMAJA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI BANDA ACEH (HAFIZH RIZKY, 2019)

STUDI KOMPASI SELF CONTROL DENGAN INTERNET GAMING DISORDER PDA REMAJA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN PIDIE (NISA APRILIA, 2020)

HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN ONLINE GAME ADDICTION PADA MAHASISWA (WAHYU MAULANA, 2020)

THE IMPLEMENTATION OF TEAM GAME TOURNAMENT IN TEACHING READING COMPREHENSION (A DESCRIPTIVE QUALITATIVE STUDY AT SMP NEGERI 3 MUTIARA, PIDIE) (Mirna Damayanti, 2017)

ANALYZING INDIGENIZED ENGLISH FORMS LN MAX LANE’S ENGLISH TRANSLATION OF ‘BUMI MANUSIA’ (Meutia Saputri, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy