HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENEREPAN METODE DISCOVERY PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS III SD NEGERI 50 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENEREPAN METODE DISCOVERY PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS III SD NEGERI 50 BANDA ACEH


Pengarang

Nurullita - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006104040138

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata Kunci:hasil belajar, penerapan, discovery, bangun datar.

Penelitian ini berjudul “Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode discovery pada Materi bangun datar di Kelas III SD Negeri 50 Banda Aceh”. Penelitian ini mengangkat masalah Apakah penerapan metode Discovery pada materi bangun datar dapat menuntaskan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 50 Banda Aceh. Adapun tujuannya untuk mengetahui sejauh mana ketuntasan belajar siswa dengan penerapan metode discovery pada materi bangun datar di kelas III SD Negeri 50 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah pre- eksperimental (eksperimen semu). Dalam penelitian ini yang menjadi populasi yaitu seluruh siswa kelas III SD Negeri 50 Banda Aceh yang terdiri dari 3 kelas, dan untuk sampel diambil satu kelas dengan jumlah siswa 29 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampling purposif. Teknik dalam memperoleh data pada penelitian ini dengan menggunakan tes hasil belajar yaitu tes akhir. Di uji dengan menggunakan statistik-t dengan uji pihak kanan. Hasil pengolahan data diperoleh thitung = 3,27 dan ttabel = 1,70. Harga thitung ternyata lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikan ? = 0,05 dan dk = 30, yaitu 3,27 > 1,70. Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima.sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode Discovery pada materi bangun datar di kelas III SD Negeri 50 Banda Aceh dapat mencapai ketuntasan hasil belajar. Disarankan kepada pihak lain untuk dapat melakukan penelitian yang sama baik pada materi Bangun Datar maupun materi yang lain supaya ada perbandingan dengan penelitian yang sudah ada.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK