//

DESAIN MAXIMUM POWER POINT TRACKING (MPPT) PADA SISTEM PHOTOVOLTAIC MENGGUNAKAN ALGORITMA INCREMENTAL CONDUCTANCE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ARDIANSYAH LUBIS - Personal Name

Abstrak/Catatan

Energi surya adalah sumber energi terbarukan yang dapat dikonversi menjadi energi listrik menggunakan sistem fotovoltaik (PV). Namun, konversi energi pada PV tidak dapat terjadi secara optimal tanpa adanya regulasi daya output. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem regulasi tersebut berupa Maximum Power Point Tracking (MPPT) yang menggunakan algoritma Incremental Conductance (IC-MPPT). Algoritma IC-MPPT membantu panel surya untuk mencari tegangan optimal sesuai karakteristik dan iradiasi matahari pada saat itu melalui regulasi duty cycle konverter Boost. Pengujian awal sistem PV dan IC-MPPT dilakukan dengan simulasi menggunakan Simulink Matlab, kemudian diimplementasikan dalam bentuk perangkat keras menggunakan mikrokontroler sebagai pengendalinya. Pengujian perangkat keras dilakukan untuk mengamati kinerja IC-MPPT terhadap perubahan iradiasi. Pengujian dilakukan dalam ruangan untuk menghindari faktor selain iradiasi seperti cuaca dan temperatur yang dapat mempengaruhi karakteristik panel surya. Dengan membatasi faktor selain iradiasi memudahkan pengamatan kinerja IC-MPPT. Iradiasi diatur dengan menggunakan sumber cahaya buatan berupa lampu halogen. Dari pengujian diperoleh bahwa hasil menunjukkan daya output PV dapat mengikuti perubahan iradiasi. Penggunaan beban resistif menyebabkan tegangan output konverter boost bervariasi untuk dapat menyalurkan perubahan daya hasil konversi PV.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DESAIN SISTEM MAXIMUM POWER POINT TRACKER (MPPT) PADA SISTEM PHOTOVOLTAIC (PV) MENGGUNAKAN METODE HILL CLIMBING (Azhar Gunawan, 2015)

PENGARUH VARIASI RADIASI DAN SUHU TERHADAP PELACAKAN TITIK DAYA MAKSIMUM MODUL SURYA DENGAN METODE GREY WOLF OPTIMIZATION (RIZKI FAULIANUR, 2018)

PENENTUAN TITIK DAYA MAKSIMUM ARRAY MODUL SURYA PADA PARTIAL SHADING DENGAN KONDISI MULTIPLE PEAK MENGGUNAKAN METODE GREY WOLF OPTIMIZATION (GWO) (MULIADI, 2021)

KONTROL PENJEJAK OPTIMAL PADA PHOTOVOLTAIC MENGGUNAKAN LINEAR QUADRATIC TRACKING (Mohd. Iqbal Muttaqin, 2021)

ANALISA FILOGENETIK FAMILI DIPTEROCARPACEAE BERDASARKAN DNA BARCODING MATK (Ulfi Maulida, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy