PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINKPAIR SHARE (TPS) PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR DI KELAS V SD NEGERI 1 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINKPAIR SHARE (TPS) PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR DI KELAS V SD NEGERI 1 BANDA ACEH


Pengarang

Mardiati - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906104110052

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Materi Sifat- sifat
Bangun Datar

Matematika adalah salah satu disiplin ilmu yang dipelajari mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Kenyataan saat ini, matematika kurang dipaharni oleh sebagian siswa sekolah dasar. Salah satu faktor penyebabnya adalah srategi pembelajaran yang digunakan oleh guru tidak sesuai dengan tingkat kesukaran materi, selama ini guru hanya menggunakan pembelajaran konvesional yaitu keaktifan yang berpusat pada guru, sehingga siswa kurang aktif selarna proses pembelajaran berlangsung dan sebagian siswa SD masih belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan menerapkan model pembelajaran koopertif tipe TPS pada penelitian ini, penulis akan memecahkan masalah "Apakah siswa dapat mencapai ketuntasan belajar melalui model kooperatif ripe TPS pada materi sifat - sifat bangun datar di kelas V SD Negeri I Banda Aceh ?". Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa melalui model kooperatif tipe TPS pada materi sifat - sifat bangun datar di kelas V SDN I Banda Aceh tahun ajaran 201 l /2012. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah eksprimen, sampel dalarn penelitian ini adalah siswa kelas Vb yang berjumlah 41 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan lembar observasi setelah selesai menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Pengolahan data menggunakan teknik statistik yang sesuai yaitu uji satu pihak, tepatnya uji pihak kanan. Dari hasil pengolahan data didapatkan '% =4,88 dan ha =1,68 atau % '%a pada signifikan 0,05.Berdasarkan kriteria pengujian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi sifat -sifat bangun datar dike las V SD Negeri l Banda Aceh dapat mencapai ketuntasan belajar.



Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK