//

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM IMUN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maulinda Yani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berperan penting terhadap kemampuan metakognitif dan hasil belajar peserta didik. Selama proses pembelajaran peserta didik belum memiliki kesadaran tentang kemampuan berpikirnya sendiri dan kurang mampu dalam mengatur pola pembelajaran, kurangnya kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah sehingga kemampuan metakognitif dan hasil belajarnya masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan metakognitif dan hasil belajar peserta didik setelah penerapan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada kelas eksperimen dan kelas kontrol pada materi sistem imun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Subjek penelitian adalah 125 Peserta didik di SMAN 2 Lhokseumawe. Parameter yang diukur adalah kemampuan metakognitif menggunakan angket dan hasil belajar menggunakan bentuk objektif tes tipe pilihan ganda. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest terhadap kemampuan metakognitif dan hasil belajar dianalisis dengan uji statistik parametrik menggunakan independent sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penerapan strategi pembelajaran CTL terhadap kemampuan metakognitif dan hasil belajar anatara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan metakognitif dan hasil belajar anatara kelas eksperimen dengan kelas kontrol setelah penerapan strategi pembelajaran CTL terhadap peserta didik di SMAN 2 Lhokseumawe pada materi sistem imun. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Metakognitif, Hasil Belajar

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI GAYA MAGNET DI KELAS V SDN 33 BANDA ACEH (Fatimah Wati, 2014)

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA KELAS X DALAM MATERI SENI RUPA TERAPAN DAERAH NUSANTARA (Renggalita Rezeki, 2014)

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA OPERASI PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Ida Nursanty, 2015)

THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING LISTENING SKILL TO SENIOR HIGH SCHOOOL STUDENTS (lia maisyarah, 2013)

APPLYING CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING METHOD IN TEACHING WRITIN G FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (Soraya, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy