//

EFEKTIVITAS STRATEGI QUICK ON THE DRAW PADA MATERI PELUANG DI KELAS X SMAN 12 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Desilia - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Efektivitas, quick on the draw, materi peluang Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa menilai bahwasanya matapelajaran yang cukup sulit itu adalah matematika. Matematika dianggap sebagai pelajaran yang sulit, rumit, membosankan, tidak menarik, tidak menyenangkan dan matematika dianggap sebagai pelajaran yang menakutkan bagi sebagian besar siswa. Pelajaran matematika memerlukan kreativitas siswa sehingga siswa dituntut untuk membangun pengetahuan dan strategi belajar. Strategi quick on the draw merupakan salah satu strategi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi peluang. Strategi quick on the draw merupakan sebuah strategi dimana aktivitas belajar siswa dengan suasana permainan yang membutuhkan kerja kelompok dan kecepatan dalam menyelesaikan satu set kartu soal yang berisi soal-soal yang terkait dengan pembelajaran. Penelitian ini mengangkat masalah apakah strategi quick on the draw efektif digunakan pada materi peluang di kelas X SMA Negeri 12 Banda Aceh tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi quick on the draw pada materi peluang di kelas X SMA Negeri 12 Banda Aceh tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-IA2 SMA Negeri 12 Banda Aceh yang berjumlah 22 orang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitiannya adalah penelitian dengan desain one shot case study. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes hasil belajar siswa yang berbentuk essay yang telah divalidkan sebanyak 5 soal, lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Data yang diperoleh diolah menggunakan persentase, kriteria waktu ideal, dan deskripsi skor rata-rata. Efektivitas pembelajaran ini dapat didasarkan pada (1) Ketuntasan belajar, (2) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, (3) Aktifitas siswa, dan (4) Respon siswa. Pembelajaran peluang dengan strategi quick on the draw akan dikatakan efektif jika paling sedikit tiga dari empat aspek tersebut terpenuhi dengan syarat aspek ketuntasan hasil belajar terpenuhi (efektif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan strategi quick on the draw efektif digunakan pada materi Peluang di kelas X-IA2 SMA Negeri 12 Banda Aceh. Hal ini dikarenakan, (1) Hasil belajar siswa tuntas, (2) kemampuan guru mengelola pembelajaran berada dalam kriteria baik atau sangat baik, (3) aktivitas siswa aktif , dan (4) respon siswa terhadap pembelajaran positif.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW PADA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2017/2018 (IMAS PUTRI ALFIANI, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IPA DI SMPN 12 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/2015 (AYU RAIHANI, 2016)

PENGGUNAAN METODE QUICK ON THE DRAW DALAM MENYIMPULKAN ISI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (ARIEF DERMAWAN, 2018)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI QUICK ON THE DRAW PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL DI SMPN 2 KUTA BARO ACEH BESAR (CUT MAULIA AGUSTINA, 2019)

PENERAPAN STRATEGI QUICK ON THE DRAW PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH. (Lissa Tiffadhiah H, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy