//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS VII/2 PADA SMP NEGERI 3 BAKTIYA KECAMATAN BAKTIYA KABUPATEN ACEH UTARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Dahlan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: IPS, STAD, Pembelajaran Kooperatif Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam Mata Pelajaran IPS Kelas VII/2 pada SMP Negeri 3 Baktiya Kecamatan Baktiya Kabupaten Aceh Utara. Pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah suatu model pembelajaran dimana siswa belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya terdiri 4 orang sampai 5 orang, dengan struktur kelompoknya yang bersifat heterogen. Adapun rumusan masalah adalah: "Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 3 Baktiya pada mata pelajaran IPS?" Untuk menjawab pertanyaan di atas, penulis menggunakan penelitian tindakan kelas sebagai metodologi. Penulis mengumpulkan data dari tes, observasi dan catatan lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Baktiya dan sebagai sampel penelitian ini adalah kelas VII/2. Berdasarkan hasil pengolahan data, maka terlihat bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD memberi pengaruh yang signifikan pada hasil belajar siswa bidang studi IPS. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada tes pada siklus I dan siklus 2 dan siklus 3. Pada tes siklus I, nilai rata-rata siswa adalah 60,71. Pada siklus 2 meningkat menjadi 73,92 dan pada siklus 3 meningkat lagi menjadi 76,78. Selain itu, jumlah siswa yang tuntas/lulus indikator pembelajaran meningkat, yaitu pada siklus 1, siswa yang tuntas adalah 13 orang (46,42%) dan yang tidak tuntas adalah 15 orang (53,57%). Kemudian nilai tes siklus 2 meningkat menjadi 20 siswa (71,42%) tuntas dan 8 siswa (28,57%) tidak tuntas. Pada siklus 3, jumlah siswa yang tuntas mencapai 24 siswa (85,71%) dan yang tidak tuntas adalah 4 siswa (14,28%). Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Baktiya pada mata pelajaran IPS Sejarah pokok bahasan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Islam.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA POKOK BAHASAN FUNGSI DI KELAS VIII SMPN 1 BAITUSSALAM (royki rosmandi, 2014)

HASIL BELAJAR SISWA YANG DIPEROLEH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT DENGAN STAD PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (ARDIAN, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG DIAJARKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)DI SMP NEGERI 1 PEUKAN BADA (INDAH KHAIRANI, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE STAD PADA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (Basdillan Karnova, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) MELALUI PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI KELAS X-IPA 1 SMA NEGERI 1 SEUNAGAN (Asma Yani, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy