//

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DI KELAS XI SMA NEGERI 13 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ratna Dewi Asnita - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata Kunci : Peningkatan, prestasi, siswa, model, pembelajaran Penelitian yang berjudul "Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas Melalui Model Pembelajaran Konstruktivistik Pada Pembelajaran Seni Tari Di Kelas XI SMA Negeri 13 Banda Aceh". Mengangkat masalah, apakah terjadi peningkatan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran Konstruktivistik dalam pembelajaran seni tari tradisional Meuseukat di kelas XI SMA Negeri 13 Banda Aceh, bagaim ana proses pembelajaran melalui model pembelajaran Konstruktivistik pada matcri tari tradisonal Meuseukat di kelas XI SMA Negeri 13 Banda Aceh.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran melalui model pembelajaran Konstruktivistik pada materi tari tradisonal Meuseukat dan mendeskripsikan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran Kontruktivistik pada materi tari tradisional Meuseukat di kelas XI SMA Negeri 13 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IAl SMA Negeri 13 Banda Aceh sejumlah 24 orang. Keterampilan siswa dalam materi tari tradisional Meuseukat, dan data tentang situasi belajar pada saat tindakan diperoleh melalui observasi ( pengamatan ). Ukuran tindakan penelitian dikatakan berhasil jika siswa yang terampil pada materi tari Trad.isional Meuseukat telah memperoleh nilai 70 sekurang kurangnya 85%. Hasil analisis data, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar siswa kelas XI-IAI SMA Negeri 13 Banda Acch. Pada siklus I siswa yang mendapat nilai 70 adalah 16 orang atau 66,6 % sedan gkan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu siswa yang mendapat nilai 70 adalah 19 orang atau 79,16 %. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran model Konstruktivistik pada materi tari Tradisional Meuseukat dapat meningkatkan prestasi belajar siswa meningkat.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCE DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI TERBADAP PRESTASI BELAJAR DI SMAN 1 BAITUSSALAM ACEH BESAR (Yeni Herayanti, 2021)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP MATERI SENI TARI DAN SENI RUPA DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Cut Putro, 2013)

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI TARI DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BAITUSSALAM (Nurmalis, 2017)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIRED STORY TELLING (BERCERITA BERPASANGAN)TERHADAP PRESTASI BELAJAR SENI BUDAYA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 12 BANDA ACEH, TAHUN AJARAN 2014/2015 (Yusnidar, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEAMS GAMES TOURNAMENTS DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS XII DI SMAN 5 BANDA ACEHRNDI SMAN 5 BANDA ACEH (Zikrayanti, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy