PENGGUNAAN HANDOUT BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI HIDROKARBON DI KELAS X SMA NEGERI 4 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGGUNAAN HANDOUT BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI HIDROKARBON DI KELAS X SMA NEGERI 4 BANDA ACEH


Pengarang

RAUZAH MUNAUWARAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0706103040009

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata kunci : Handout, Kontekstual, Hidrokarbon

Telah dilakukan penelitian yang berjudul "Penggunaan Handout Berbasis Kontekstual pada Materi Hidrokarbon di Kelas X SMA Negeri 4 Banda Aceh". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas, dan tanggapan siswa dengan menggunakan handout berbasis kontekstual dalam proses pembelajaran.Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperirnental. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-6, dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang, yang terdiri dari 16 orang siswa perempuan dan 14 orang siswa laki-laki. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dokumentasi nilai tes objektif yang diberikan setelah pembelajaran berakhir, diketahui ketuntasan hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 86,7% dan pada pertemuan II mencapai 90,0%. Hal ini menunjukkan bahwa basil belajar siswa mencapai ketuntasan secara klasikal. Hasil observasi aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi menunjukkan persentase aktivitas yang sangat baik, yaitu pada pertemuan I mencapai 91,3% clan pada pertemuan II juga mencapai 91,3%. Hasil observasi tanggapan siswa terhadap penggunaan handout berbasis kontekstual menunjukkan bahwa siswa yang memberikan tanggapan positif mencapai 83,3% sedangkan siswa yang memberikan tanggapan negatif hanya mencapai 16,7%. Sebagian besar siswa tertarik, senang dan termotivasi untuk belajar kimia dengan penggunaan handout berbasis kontekstual.





Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK