Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
PENGGUNAAN HANDOUT BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI HIDROKARBON DI KELAS X SMA NEGERI 4 BANDA ACEH
Pengarang
RAUZAH MUNAUWARAH - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0706103040009
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kata kunci : Handout, Kontekstual, Hidrokarbon
Telah dilakukan penelitian yang berjudul "Penggunaan Handout Berbasis Kontekstual pada Materi Hidrokarbon di Kelas X SMA Negeri 4 Banda Aceh". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas, dan tanggapan siswa dengan menggunakan handout berbasis kontekstual dalam proses pembelajaran.Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperirnental. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-6, dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang, yang terdiri dari 16 orang siswa perempuan dan 14 orang siswa laki-laki. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dokumentasi nilai tes objektif yang diberikan setelah pembelajaran berakhir, diketahui ketuntasan hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 86,7% dan pada pertemuan II mencapai 90,0%. Hal ini menunjukkan bahwa basil belajar siswa mencapai ketuntasan secara klasikal. Hasil observasi aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi menunjukkan persentase aktivitas yang sangat baik, yaitu pada pertemuan I mencapai 91,3% clan pada pertemuan II juga mencapai 91,3%. Hasil observasi tanggapan siswa terhadap penggunaan handout berbasis kontekstual menunjukkan bahwa siswa yang memberikan tanggapan positif mencapai 83,3% sedangkan siswa yang memberikan tanggapan negatif hanya mencapai 16,7%. Sebagian besar siswa tertarik, senang dan termotivasi untuk belajar kimia dengan penggunaan handout berbasis kontekstual.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGGUNAAN HANDOUT BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI SMAN 5 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (siti hartati, 2014)
PENGEMBANGAN HANDOUT MATERI HIDROKARBON UNTUK SISWA SMA KELAS XI (Wulida Yuni, 2016)
PENGEMBANGAN HANDOUT PEMBELAJARAN EMBRIOLOGI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN HEWAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPRNDAN RETENSI MAHASISWA DI UNIVERSITASRNMUHAMMADIYAH BANDA ACEH (RUFA HERA, 2015)
PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI UNTUK SMA/MA KELAS XI IPA (Trio Salfrika, 2016)
PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS GUIDED NOTE TAKING PADA MATERI KOLOID KELAS XI MAN BANDA ACEH 1 TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Rahmatul Ulya, 2017)